Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep (Concept Mastery) Menggunakan Alat Peraga Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Kemampuan; Berpikir; kritis; Concept Mastery; Siswa.Abstract
Permasalahan yang ditemukan adalah kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa kelas V SD Negeri 1 Sungai Ukoi, Kecamatan Sungai Ukoi, Kabupaten Sintang masih belum optimal. Sehingga perlu melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa. Subjek adalah siswa kelas V berjumlah 18 orang. Pendekatan menggunakan action riset dengan tahapan dalam penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, soal tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penguasaan konsep mengalami peningkatan. Kesimpulan yaitu pembelajaran menggunakan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar.