MENGATASI PERILAKU CYBER BULLYING PADA REMAJA MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN TRIPUSAT PENDIDIKAN

Authors

  • Laily Rochmawati Listiyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Astuti Wijayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Flora Grace Putrianti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Keywords:

cyber bullying, adolescence, three education center

Abstract

Abstract

Technological developments have an impact on the increasing intensity of use of electronic devices. Information can be accessed easily and quickly by anyone. Freedom of opinion through digital media is starting to open wide, as a result of which there are negative effects of the freedom to use technology, one of which is cyber bullying. This service activity aims to overcome the behavior and impact of cyber bullying through optimizing activities in the family, school and community environment known as the three education center (tripusat pendidikan). This activity method is a socialisation to prevent cyber bullying in three education center, discussion techniques on zoom meeting, using research instruments questionnaires and documentation. The result of this activity is a variety of activity designs in educational trip centers that aim at preventing cyber bullying among adolescents including by supervision, mentoring and education for adolescents. Through this activity, both adolescents, parents, teachers and community institutions gain new knowledge about cyber bullying and concrete actions to overcome this, so that the education trip center can work together optimally in overcoming the behavior and impacts of cyber bullying among adolescents.

Abstrak

Perkembangan teknologi berdampak pada meningkatnya intensitas penggunaan perangkat elektronik. Informasi dapat diakses secara mudah dan cepat oleh siapapun. Kebebasaan berpendapat melalui media digital mulai terbuka lebar, akibatnya timbul berbagai efek negatif dari kebebasan penggunaan teknologi, salah satunya adalah maraknya tindakan cyber bullying di kalangan remaja. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi perilaku cyber bullying pada remaja melalui optimalisasi kegiatan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang dikenal dengan istilah tripusat pendidikan. Metode dalam kegiatan ini adalah sosialisasi pencegahan cyber bullying melalui oprimalisasi kegiatan tripusat pendidikan dengan teknik diskusi melalui zoom meeting, menggunakan instrumen lembar kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan ini adalah berbagai gagasan rancangan kegiatan pada tripusat pendidikan yang mengarah pada pencegahan cyber bullying diantaranya dengan melakukan pengawasan, pendampingan dan edukasi bagi remaja. Melalui kegiatan ini baik remaja, orangtua, guru dan lembaga masyarakat memperoleh pengetahuan baru mengenai cyber bullying serta tindakan konkret untuk mengatasi hal tersebut, sehingga tripusat pendidikan dapat bekerjasama secara optimal dalam mengatasi perilaku dan dampak yang ditimbulkan dari cyber bullying di kalangan remaja. 

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Listiyani, L. R., Wijayanti, A., & Putrianti, F. G. . (2020). MENGATASI PERILAKU CYBER BULLYING PADA REMAJA MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN TRIPUSAT PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-266 - SNPPM2020P-274. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19658

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.