MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG MENYENANGKAN DENGAN PLATFORM SEDERHANA

  • Eveline Siregar Universitas Negeri Jakarta
  • Murti Kusuma Wirasti Universitas Negeri Jakarta
  • Elfita Rahmi Siregar Universitas Negeri Jakarta
  • Riza Nur Dewi Lutfiana Universitas Negeri Jakarta
  • Dita Hendrani Universitas Negeri Jakarta
  • Aria Setia Ningrum Universitas Negeri Jakarta
Keywords: training, project based learning, distance learning

Abstract

Abstract

The use of technology in distance learning or learning from home (BDR) should provide added value in accordance with the understanding of technology itself. This is as stated by Mudjiman that technology in education provides added value to understanding and the learning process (Mudjiman, 2008). However, in reality various problems arise during the BDR process, including low teacher competence in using media and technology, lack of teacher competence in developing good online learning and using the right platform for online learning needs. The solution that is considered relevant to overcome these problems is to carry out training for teachers both online and offline to improve their competence. The purpose of this community service is so that teachers can create fun distance learning using a simple platform. The training strategy used is online training on distance learning concepts and direct training (offline) to use certain platforms. In the training, a project-based learning model will be applied (Project Based Learning), where participants are required to complete a project to design online learning using a certain platform. The training development method used is ADDIE. After attending the training, the teacher will produce a distance learning program using a certain platform and its application can create fun learning for students.

 

Abstrak

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh ataupun belajar dari rumah (BDR) seharusnya memberikan nilai tambah sesuai dengan pengertian teknologi itu sendiri. Seperti yang diungkapkan Mudjiman bahwa teknologi dalam pendidikan memberikan nilai tambah terhadap pemahaman dan proses pembelajaran (Mudjiman, 2008). Namun kenyataannya berbagai masalah timbul selama proses BDR antara lain kompetensi guru yang rendah dalam menggunakan media dan teknologi, kurangnya kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran daring serta penggunaan platform yang tepat untuk kebutuhan pembelajaran daring. Solusi yang dianggap relevan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melaksanakan pelatihan bagi guru baik daring maupun luring untuk meningkatkan kompetensinya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar para guru dapat menciptakan pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan dengan menggunakan platfom yang sederhana atau yang mudah digunakan. Strategi pelatihan yang digunakan adalah pelatihan secara daring dan luring. Pada pelatihan daring, para peserta diberikan konsep pembelajaran jarak jauh dan bagaimana mendesainnya agar efektif. Sedangkan pelatihan luar jaringan (luring) dilaksanakan untuk memfasilitasi guru praktek langsung menggunakan platform tertentu. Pada pelatihan juga diterapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), dimana para peserta diharuskan menyelesaikan suatu proyek,yaitu mendesain pembelajaran daring menggunakan platform tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam mengembangkan pelatihan adalah ADDIE, dengan tahapannya yang sistematis diharapkan dapat tercipta pelatihan yang efektif. Setelah menyelesaikan pelatihan, para guru sudah berhasil mendesain suatu program pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan dengan memanfaatkan platform tertentu.

Published
2021-12-20