PELATIHAN RANCANGAN PERCOBAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS RISET CIVITAS AKADEMIMA LLDIKTI WILAYAH III DKI JAKARTA

  • Vera Maya Santi Santi Universitas Negeri Jakarta
  • Widyanti Rahayu Universitas Negeri Jakarta
  • Fariani Hermin Universitas Negeri Jakarta
  • Syifa Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Novia Sucy Aristawidya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Experimental design, Quantitative Research, Improving the Quality of Research for Lecturers andStudents

Abstract

Abstract

College as part of the education system also has a very important role, including as a printer for the nation’s next generation and even young researchers. Another function is as a research tool whose results can be applied and used in improving the welfare of the community. However, in reality, there are still many lack of understanding of lecturers and students on how to design an experiment from a quantitative study and difficulties in determining the right experimental design when dealing with real problems in the field. Because of the crucial role of lecturers and students as educational assets, especially in research development, the training targets in this training are lecturers and students appointed by the Region III Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), namely Private Universities from the DKI Jakarta province. This programme is implemented to improve the quality of research for lecturers and students and is expected to be able to design a quantitative research experiment, especially in the field of education. Based on the results of the questionnaire before and after the training, most of the training participants responded that the training was very beneficial and provided new knowledge, motivation and added skills that support the profession as lecturers and students.

Abstrak

Perguruan Tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan juga memiliki peranan yang sangat penting, antara lain sebagai pencetak generasi penerus bangsa bahkan peneliti-peneliti muda. Fungsi lainnya adalah sebagai sarana riset yang hasilnya dapat diterapkan dan digunakan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Namun pada kenyataannya, masih banyak ditemukan rendahnya pemahaman dosen dan mahasiswa mengenai bagaimana merancang suatu percobaan dari suatu penelitian kuantitatif serta kesulitan dalam menentukan rancangan percobaan yang tepat Ketika berhadapan dengan permasalahan riil di lapangan. Oleh karena krusialnya peranan dosen dan mahasiswa sebagai aset pendidikan khususnya dalam pengembangan riset, maka sasaran pelatihan pada pelatihan ini adalah para dosen dan mahasiswa yang ditunjuk oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III yaitu Perguruan Tinggi Swasta dari provinsi DKI Jakarta. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas riset bagi dosen dan mahasiswa serta diharapkan mampu merancang suatu percobaan penelitian kuantitatif khsususnya di bidang pendidikan. Berdasarkan hasil olah kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan, sebagian besar peserta pelatihan memberikan respon bahwa pelatihan sangat memberikan manfaat dan pengetahuan baru, motivasi serta menambah keterampilan yang menunjang profesi sebagai dosen dan mahasiswa. 

Published
2021-12-20
How to Cite
Santi, V. M. S., Widyanti Rahayu, Fariani Hermin, Syifa Azzahra, & Novia Sucy Aristawidya. (2021). PELATIHAN RANCANGAN PERCOBAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS RISET CIVITAS AKADEMIMA LLDIKTI WILAYAH III DKI JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021ST-284 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25625