STRATEGI PENINGKATAN ‘BRAND AWARNES’ DAN ‘DOKUMENTASI DIGITAL’ ORGANISASI SOSIAL ACJJ DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

  • Tri Guntur Narwaya universitas mercuabuana yogyakarta
  • Arief Nuryana Universitas Mercubuana Yogyakarta
Keywords: ACJJ Community, Communication Management, Digital Documentation, Public Awareness, Visual Branding

Abstract

Abstract

Community or Volunteers ACJJ mobilize awareness of civil society to participate and take concrete actions to help road users in the Yogyakarta area in realizing Yogyakarta as a comfortable place at night by providing voluntary assistance to those in need gasoline or engine that breaks down without any compensation. The problems faced by PKM partners include the areas of Communication Management Problems, Human Resources Problems, Public Awareness Problems and Visual Documentation. The problem in the field of communication management is that the planning, implementation and supervision of digital documentation activities has never been carried out. There is no supervision in carrying out activities. Aspects in the field of Human Resources are volunteers from various cultural and professional backgrounds as well as skills/knowledge about automotive that are not evenly distributed in the community. The problem of Public Awareness and Visual Documentation is the lack of understanding of partners regarding the importance of digital documentation and the lack of understanding and knowledge of the community regarding the existence/activities of PKM Partners. The solution to overcome partner problems in the field of Communication Management is to make a manual for recording future strategic planning and activity targets. Create a manual data book that will be integrated by online data. The results that have been achieved are: a). Documentary video about ACJJ activities b). Partners understand and take part in making digital documentation and c). Partners understand and take part in public awareness activities.

 

Abstrak

Komunitas atau Relawan ACJJ menggalang kesadaran masyarakat sipil untuk berpartisipasi dan melakukan tindakan nyata untuk membantu pengguna jalan di wilayah Yogyakarta dalam mewujudkan Yogyakarta sebagai tempat yang nyaman di malam hari dengan memberikan bantuan sukarela kepada mereka yang membutuhkan bensin atau mesin yang mogok tanpa kompensasi apapun. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra PKM meliputi bidang Masalah Manajemen Komunikasi, Masalah Sumber Daya Manusia, Masalah Kesadaran Masyarakat dan Dokumentasi Visual. Permasalahan di bidang manajemen komunikasi adalah belum pernah dilakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan dokumentasi digital. Tidak adanya pengawasan dalam melaksanakan kegiatan. Aspek di bidang Sumber Daya Manusia adalah relawan dari berbagai latar belakang budaya dan profesi serta keterampilan/ pengetahuan tentang otomotif yang belum merata di masyarakat. Permasalahan Kesadaran Masyarakat dan Dokumentasi Visual adalah kurangnya pemahaman mitra tentang pentingnya dokumentasi digital dan kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai keberadaan/kegiatan Mitra PKM. Solusi untuk mengatasi masalah mitra di bidang Manajemen Komunikasi adalah dengan membuat manual untuk mencatat perencanaan strategis dan target kegiatan ke depan. Membuat buku data manual yang akan diintegrasikan dengan data online. Permasalahan di bidang Sumber Daya Manusia adalah mensosialisasikan visi dan misi ACJJ dengan beberapa bahasa dan platform serta membuat pelatihan otomotif yang melibatkan tenaga ahli di bidangnya. Adapun hasil yang telah dicapai adalah: a). Video dokumenter tentang kegiatan ACJJ b). Mitra memahami dan mengambil bagian dalam pembuatan dokumentasi digital dan c). Mitra memahami dan mengambil bagian dalam kegiatan penyadaran masyarakat.

Published
2021-12-20
How to Cite
Narwaya, T. G., & Nuryana, A. (2021). STRATEGI PENINGKATAN ‘BRAND AWARNES’ DAN ‘DOKUMENTASI DIGITAL’ ORGANISASI SOSIAL ACJJ DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021SH-119 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25627