PENGUATAN LITERASI BAGI PENGUNJUNG DI TAMAN DINOSAURUS POTORONO EDU PARK (PEP)

  • Destri Ratna Ma’rifah Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: identitas, maskot, komunikasi, mascot, identity, communication

Abstract

Abstract

This service aims to strengthen Potorono Edu Park (PEP), which has the advantage of visual literacy about dinosaurs and culture so that it becomes a characteristic of Potorono village. Potorono Edu Park (PEP) is one of the new education-based tourism objects that has just begun to be developed as a tourist village in Salakan, Potorono, Banguntapan, Bantul. The problem is that there is potential for location development, but sufficient human resources still need to support it. Therefore, it is necessary to carry out community service activities related to visual literacy. Visual literacy activities are very prospective to be carried out on location. This is supported by location conditions, managers, and internal investors. One of the tourist attractions to attract visitors is providing visual literacy and mascots. The management currently has yet to carry out mascot and visual literacy development activities. The solution to solving problems at PEP is providing assistance related to young people's visual literacy. The method used was several stages, namely the first stage of socialization regarding the visual literacy process, making the mascot design and the name tag for the dinosaur ride at PEP. Implementation of this method in the first year of the two year implementation plan. The result of this service is that tourist attractions have the potential to spread literacy to the public, especially regarding dinosaurs.

 

Abstrak

Tujuan pengabdian ini adalah untuk menguatkan Potorono Edu Park (PEP) yang memiliki keunggulan literasi visual tentang dinosaurus dan budaya agar menjadi ciri khas desa Potorono. Potorono Edu Park (PEP) adalah salah satu objek wisata baru berbasis pendidikan yang baru mulai dikembangkan sebagai desa wisata di Salakan, Potorono, Banguntapan, Bantul. Permasalahan yang muncul adalah adanya potensi pengembangan lokasi tetapi belum didukung oleh SDM yang mencukupi. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan pengabdian terkait dengan literasi visual. Kegiatan literasi visual sangat prospektif untuk dilakukan di lokasi. Hal ini didukung oleh kondisi lokasi, pengelola, dan investor internal. Salah satu daya tarik wisata untuk menarik pengunjung adalah melalui pengadaan literasi visual dan maskot. Pengelola saat ini belum melakukan aktivitas pengembangan maskot dan literasi visual. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan di PEP adalah dengan memberikan pendampingan terkait literasi visual. Metode yang dilakukan ada beberapa tahapan yaitu tahap pertama sosialisasi mengenai proses literasi visual, pembuatan desain maskot dan label nama wahana dinosarus di PEP. Pelaksanaan metode tersebut di tahun pertama dari dua tahun rencana pelaksanaan. Hasil dari pengabdian ini tempat wisata memiliki potensi untuk menyebarluaskan literasi kepada Masyarakat terutama terkait dengan dinosaurus.

Published
2023-10-31
How to Cite
Destri Ratna Ma’rifah. (2023). PENGUATAN LITERASI BAGI PENGUNJUNG DI TAMAN DINOSAURUS POTORONO EDU PARK (PEP). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023BRL-117 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39230