PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PEMASARAN ONLINE DAN PENGEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA RUMAHAN DI RW. 02 KELURAHAN KALIMULYA DEPOK

  • Novitasari Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta
  • Mia Andika Sari
  • Hastuti Redyanita

Abstract

Abstract

The limitations of product marketing amid the current Covid-19 pandemic are a problem faced by MSME owners, especially home-based business in RW.02, Kalimulya Village, Cilodong District, Depok. Digitalization of marketing is believed to be a way out for home businesses to survive in the crisis caused by this pandemic. However, the home-based business in RW.02, Kalimulya Depok, has not yet taken advantage of the existence of digital marketing as a strategy to reach wider consumers. The main obstacle is due to the low level of technological understanding of the home-based business owners themselves. Through the entrepreneurship training method by creating a store account in the marketplace and selecting product packaging as well as copywriting training, it can be a solution for home-based business actors in RW.02, Kalimulya Village, Depok in solving the problems they face. The entrepreneurship training which was held on September 1, 2021, was attended by 20 home-based entrepreneurs from various types of businesses. The training method uses the lecture method in the form of exposure to copywriting and product packaging materials as well as a demonstration of creating a shop account at Shopee. As a result of the entrepreneurship training, each training partner already has a shop account at Shopee, is able to create their own ad copy and has the knowledge and skills to be able to choose safe and quality packaging materials.

 

Abstrak

Keterbatasan pemasaran produk ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang menjadi masalah yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, terutama pelaku usaha rumahan yang ada di lingkungan RW.02 Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong Depok. Digitalisasi marketing diyakini menjadi jalan keluar bagi para usaha rumahan untuk bertahan dalam krisis akibat pandemi ini. Namun usaha rumahan yang ada di RW.02 Keluarah Kalimulya Depok, ternyata belum memanfaatkan keberadaan digital marketing sebagai strategi untuk menjangkau konsumen lebih luas. Kendala utamanya adalah karena rendahnya pemahaman teknologi dari para pelaku usaha rumahan itu sendiri. Melalui metode pelatihan kewirausahaan dengan pembuatan akun toko di marketplace dan pemilihan kemasan produk serta pelatihan penulisan naskah iklan (copywriting) dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha rumahan di RW.02 Kelurahan Kalimulya Depok dalam memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Dalam pelatihan kewirausahaan yang diadakan pada tanggal 1 September 2021, dihadiri peserta 20 pelaku usaha rumahan dari berbagai jenis usaha. Hasil dari pelatihan kewirausahaan, setiap mitra pelatihan sudah memiliki akun toko di Shopee, mampu membuat naskah iklan sendiri dan memiliki pengetahuan serta keterampilan untuk dapat memilih bahan kemasan yang aman dan berkualitas.

Published
2021-12-20
How to Cite
Novitasari, Andika Sari, M., & Redyanita , H. (2021). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PEMASARAN ONLINE DAN PENGEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA RUMAHAN DI RW. 02 KELURAHAN KALIMULYA DEPOK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021EK-1 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25628