PENINGKATAN KAPASITAS USAHA MELALUI PELATIHAN PENGAJUAN KREDIT DAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UMKM KECAMATAN CIBINONG DENGAN APLIKASI TIKTOKN CIBINONG DENGAN APLIKASI TIKTOK

  • Rodiana Rodiana Listiawati Politeknik Negeri Jakarta
  • Novitasari Politeknik Negeri Jakarta
  • Hastuti Redyanita Politeknik Negeri Jakarta
Keywords: credit, MSME, marketing, TikTok, promotion, online

Abstract

ABSTRAK

Pemasalahan utama yang dihadapai oleh pelaku UMKM di Kecamatan Cibinong adalah permasalahan modal serta pemasaran produk. Masih minimnya pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam Pengajuan kredit ke Lembaga keuangan Bank maupun Non Bank serta  penggunaan pasar online yang belum maksimal sehingga pemasaran produk UMKM masih terbatas. Kegiatan pelatihan dan pendampingan oleh tim dosen dan mahasiswa program studi D3 Keuangan dan Perbankan PNJ bertujuan untuk membantu mitra dalam pengajuan kredit ke lembaga keuangan non bank serta memanfaatkan gadget yang dimilikinya sebagai alat pemasaran poduk dan mengoptimalkan pemasaran online untuk meningkatkan omzet penjualan dengan menggunakan aplikasi TikTok. Pelatihan dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2022 di Gedung Bappedalitbang Kabupaten Bogor dengan mitra pelatihan sejumlah 25 mitra. Pelaksanaan pelatihan berisi penjelasan mengenai kredit dan pengajuan kredit ke lembaga keuangan Non bank yaitu Pegadaian serta  alasan menggunakan TikTok, penjelasan materi mengenai cara membuat akun di TikTok, upload foto/video produk, menambahkan musik dan narasi promosi pada foto/video produk, peserta pelatihan praktik membuat akun di TikTok dengan didampingi dan dipandu oleh panitia. Diharapkan dari kegiatan pelatihan ini para pelaku UMKM di Kecamatan Bogor dapat memiliki pengetahuan dasar mengenai kredit, dan pengajuan kredit ke Pegadaian serta keterampilan pemasaran produk yang nantinya dapat meningkatkan omzet penjualannya melalui gadget yang dimiliki.

 

ABSTRACT

The main problems faced by MSME actors in Cibinong District are capital problems and product marketing. The lack of knowledge and skills of MSMEs in applying for credit to Bank and Non-Bank financial institutions and the use of online markets that have not been maximized so that the marketing of MSME products is still limited. Activities and mentoring by a team of lecturers and students of PNJ's D3 Finance and Banking program aims to assist partners in applying for credit to non-bank financial institutions as well as utilizing gadgets as a product marketing study tool and optimizing online marketing to increase sales turnover using the TikTok application. The training was held on August 9, 2022 at the Bappedalitbang Building, Bogor Regency with training number 25 partners. The implementation contains an explanation of credit and application for training credits to non-bank financial institutions, namely Pegadaian and using TikTok, material explanations on how to create an account on TikTok, uploading product photos/videos, adding music and promotional narration to product photos/videos, practice participants creating accounts on TikTok accompanied and guided by the committee. It is hoped that from this training activity, MSME actors in Bogor District can have basic knowledge about credit, and applying for credit to Pegadaian as well as product marketing skills which can later increase sales turnover through their gadgets.

 

 

Published
2023-02-21
How to Cite
Rodiana Listiawati, R., Novitasari, & Redyanita , H. (2023). PENINGKATAN KAPASITAS USAHA MELALUI PELATIHAN PENGAJUAN KREDIT DAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UMKM KECAMATAN CIBINONG DENGAN APLIKASI TIKTOKN CIBINONG DENGAN APLIKASI TIKTOK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022EK-13 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33342