PEMBERDAYAAN UMKM DI ERA DIGITAL: PENGELOLAAN TOKO ONLINE DAN PEMASARAN EFEKTIF MENGGUNAKAN PONSEL DARI RUMAH

Authors

  • Niswah Baroroh Universitas Negeri Semarang
  • Heri Yanto Universitas Negeri Semarang
  • Indah Fajarini Universitas Negeri Semarang
  • Meilani Intan Pertiwi Universitas Negeri Semarang
  • Meldica Widya Ningrum Universitas Negeri Semarang
  • Tiara Dwi Lestari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

digital, sales management, online shop, SMEs, manajemen pemasaran, toko online, UMKM

Abstract

Abstract

Digital transformation has become an urgent need for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in facing increasingly fierce competition in the era of globalization. Community service activities aimed at increasing the marketing management capacity of MSMEs through the creation of online stores. This activity was carried out in Kalisalak Village, Batang, Central Java with a series of training and assistance on digital marketing strategies, utilizing e-commerce platforms, and managing online stores effectively. The results of this activity show that MSMEs who took part in this service program experienced increased understanding in managing online stores with digital marketing strategies, which contributed to increasing sales and business competitiveness. This article also discusses the challenges faced and recommendations for the sustainability of digitalization programs for MSMEs.

 

Abstrak

Transformasi digital telah menjadi kebutuhan mendesak bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era globalisasi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajemen pemasaran UMKM melalui pembuatan toko online. Kegiatan ini dilakukan di Desa Kalisalak, Batang, Jawa Tengah dengan serangkaian pelatihan dan pendampingan tentang strategi pemasaran digital, pemanfaatan platform e-commerce, serta pengelolaan toko online secara efektif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa UMKM yang mengikuti program pengabdian ini mengalami peningkatan pemahaman dalam pengelolaan toko online dengan strategi pemasaran digital, yang berkontribusi pada peningkatan penjualan dan daya saing bisnis. Artikel ini juga membahas tantangan yang dihadapi serta rekomendasi untuk keberlanjutan program digitalisasi bagi UMKM.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Niswah Baroroh, Heri Yanto, Indah Fajarini, Meilani Intan Pertiwi, Meldica Widya Ningrum, & Tiara Dwi Lestari. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM DI ERA DIGITAL: PENGELOLAAN TOKO ONLINE DAN PEMASARAN EFEKTIF MENGGUNAKAN PONSEL DARI RUMAH. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024SH-255 - SNPPM2024SH-265. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/51327

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.