SOSIALISASI UMKM DI DESA PASIR KALIKI RAWAMERTA KARAWANG

  • Elsa Fitri Ana Universitas Negeri Jakarta
  • Karta Sasmita Universitas Negeri Jakarta
  • Eliana Ratna Universitas Negeri Jakarta
  • Durotul Yatimah Universitas Negeri Jakarta
  • Anas Muthtar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: socialization, UMKM, youth organizations, finance, marketing

Abstract

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) is one type of business that is a reliable driver of the economy,
therefore its existence is very taken into account. However, UMKM in Pasirkaliki Village are still not optimal
in financial management and marketing. Thus, this community service has the aim of providing information
and knowledge to local UMKM about financial management, product or service marketing, and innovation in
product or service development. This community service was carried out in Pasirkaliki Village, Rawamerta
District, Karawang on September 29, 2022. The methods used were lectures, discussions, questions and answers
using Flip Charts, slides, and pictures. In the socialization, the resource persons conveyed detailed and
systematic information, and the participants actively asked questions. The results of community activities have
knowledge about UMKM, especially about financial management, product or service marketing, and innovation
in product or service development for Karang Taruna youth. So, the problems that exist in UMKM actors,
namely the lack of understanding of UMKM strategies and financial management can be overcome properly.
The conclusion of this activity is that there is an increase in information about UMKM in Karangtaruna youth
of Pasirkaliki Village as an effort to be able to start businesses and be able to absorb labor and reduce

 

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu jenis usaha yang menjadi penggerak
perekonomian yang handal karena itu keberadaannya sangat diperhitungkan. Namun, UMKM di Desa
Pasirkaliki masih belum optimal dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran. Sehingga, pengabdian kepada
masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan terhadap UMKM setempat
tentang pengelolaan keuangan, pemasaran produk atau jasa, dan inovasi dalam pengembangan produk atau
jasa. Pengabdian pada masyarakart ini telah dilakukan di Desa Pasirkaliki Kecamatan Rawamerta Karawang
pada tanggal 29 September 2022. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dengan media
Flip Chart, slide, dan gambar. Dalam sosialisasi narasumber menyanpaikan informasi dengan rinci dan
sistimatis, dan peserta aktif melakukan tanya jawab. Hasil kegiatan masyarakat memiliki pengetahuan tentang
UMKM khususnya tentang pengelolaan keuangan, pemasaran produk atau jasa, dan inovasi dalam
pengembangan produk atau jasa pada pemuda karangtaruna. Maka, masalah yang ada pada pelaku UMKM
yaitu kurangnya pemahaman strategi UMKM dan pengelolaan keuangannya dapat diatasi dengan baik.
Kesimpulan kegiatan ini yaitu terdapat peningkatan informasi tentang UMKM pada pemuda Karangtaruna
Desa Pasirkaliki sebagai upaya untuk mampu merintis usaha dan dapat menyerap tenaga kerja serta
mengurangi masalah pengangguran.



Published
2022-12-20
How to Cite
Fitri Ana, E., Sasmita, K., Ratna, E., Yatimah, D., & Muthtar, A. (2022). SOSIALISASI UMKM DI DESA PASIR KALIKI RAWAMERTA KARAWANG. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022BRL-133 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33622