IMPLEMENTASI PERMAINAN FUN GAMES PENGGERAK OLAHRAGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

  • Bazuri Fadillah Amin universitas negeri jakarta
  • Abdul Sukur Universitas Negeri Jakarta
  • Muhamad Arif Universitas Negeri Jakarta
  • Rahmad Putra Lubis Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Fun Games, Covid_19, Penggerak Olahraga

Abstract

Abstract

Since March 2020 children have been continuously indoors due to large-scale  social restrictions imposed by the central government and local governments. This largescale social restriction makes children have to get used to carrying out online activities from home, including learning which is carried out using the distance learning method (PJJ). With limited space for movement and length of time restrictions make some children become bored and bored and it is not uncommon to find children who are reluctant to carry out PJJ because of their basic nature in which these basic characters become a problem for the children themselves. As we know the learning system that is carried out for children should be interesting and fun which will motivate children to continue to be enthusiastic in participating in the process of teaching and learning activities. Children who should like to play are now experiencing various obstacles due to the ongoing pandemic conditions. Therefore, we need some innovations that we can do so that children can be more enthusiastic and happy in carrying out their daily activities.To make children even more excited, we carry out outdoor activities with an  emotional approach through fun games which are facilitated by students of the Faculty of Sports Science, State University of Jakarta, especially members of the Sports Movement FIK UNJ. With the Outbound Fun Games method with an emphasis on strict health protocols, it is hoped that children can do fun activities that make them happier and more enthusiastic. 

 

Abstrak  

Sejak bulan maret 2020 anak-anak telah berada secara terus menerus di dalam rumah dikarenakan pembatasan social berskala besar yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pembatasan social berskala besar ini membuat anakanak harus mulai terbiasa melaksanakan kegiatan daring dari rumah termasuk belajar yang pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan keterbatasan ruang gerak dan lamanya waktu pembatasan membuat beberapa anak menjadi bosan dan jenuh dan tidak jarang kita temukan anak-anak yang mulai enggan untuk melaksanakan PJJ karena sifat dasar mereka yang dimana karakter dasar tersebut menjadi sebuah problema bagi anak itu sendiri. Seperti yang kita ketahui system pembelajaran yang dilakukan kepada anak harusnya menarik dan menyenangkan yang dimana itu akan memotivasi anak untuk terus tetap semangat dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Anak yang seyogyanya gemar bermain sekarang mengalami berbagai kendala karena kondisi pandemi yang sedang berlangsung. Maka dari itu butuh beberapa inovasi yang dapat kita lakukan agar anak bisa lebih bersemangat dan senang dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari.  Untuk membuat anak lebih bersemangat lagi kita melakukan aktivitas di luar ruangan dengan pendekatan emosional melalui permainan fun games yang di fasilitatori oleh mahasiwa-mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta terlebih khusus anggota Penggerak Olahraga FIK UNJ. Dengan metode Outbound Fun Games dengan penekanan di protokoller kesehatan yang ketat diharapkan anak-anak dapat melakukan aktifitas yang menyenangkan sehingga membuat mereka lebih gembira dan bersemangat. 

Published
2021-12-20
How to Cite
Fadillah Amin, B., Sukur, A., Arif, M., & Putra Lubis, R. (2021). IMPLEMENTASI PERMAINAN FUN GAMES PENGGERAK OLAHRAGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021SH-211 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25647