PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU PPKN

Authors

  • Muhammad Japar universitas negeri jakarta
  • Adenita Damayanti Universitas Negeri Jakarta
  • Aditya Wibowo Universitas Negeri Jakarta
  • Pitoyo Yuliatmojo Universitas Negeri Jakarta
  • Dini Nur Fadhillah Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Learning Video Training, PPKn, learning media

Abstract

Abstrak
Dalam era education 4.0 seorang guru dituntut untuk dapat lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran. Terlebih ketika pandemi Covid-19 melanda dibutuhkan keterampilan yang lebih baik lagi untuk meningkatkan motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu keterampilan yang dapat dikembangkan oleh guru adalah membuat video pembelajaran. Dalam rangka meningkatkan keterampilan guru, maka pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru PPKn ini diadakan sebagai sarana belajar guru. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Kegiatan pelatihan berjalan dengan baik dan peserta terlihat sangat menikmati pelatihan pembuatan video pembelajaran yang digunakan sebagai ajang untuk meningkatkan keterampilan. Pelatihan ini mendapatkan respon yang baik dari peserta pelatihan yang mengatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik dan menambah ilmu mengenai pembuatan video pembelajaran. Hasil yang didapatkan oleh guru setelah mengikuti pelatihan ini yaitu 98,7% guru memahami proses pembuatan video pembelajaran dan 99,6% ingin menerapkan ilmu yang didapatkan dalam pelatihan pembuatan video pembelajaran ini ke dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Abstract
In the era of education 4.0, a teacher is required to be more creative in making learning media. Especially in the Covid-19 pandemic, teacher skills are needed to increase the motivation of students to take part in the learning process. Skill that can be developed by the teacher is to make learning videos. In order to improve the skills of teachers, the training in making learning videos for Pancasila and Civics Education teachers was held. The training activities are carried out in several stages:1) Preparation, 2) Implementation, and 3) Evaluation. The training activities went well and the participants seemed to really enjoy the training in making learning videos which were used as an opportunity to improve skills. This training received a good response from the training participants who said that this training was very interesting and added to their knowledge about making learning videos. The results obtained by teachers after participating in this training are that 98.7% of teachers understand the process of making learning videos and 99.6% want to apply the knowledge gained in this training to make learning videos into Distance Learning (PJJ) activities

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Muhammad Japar, Adenita Damayanti, Aditya Wibowo, Pitoyo Yuliatmojo, & Dini Nur Fadhillah. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU PPKN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021BRL-133 - SNPPM2021BRL-142. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25680

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 39 40 41 42 43 44 45 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.