PENINGKATAN MANAJEMEN DAN BRANDING USAHA BERBASIS TEKNOLOGI DAN DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL (UMK) SHOES CLEANING JAMBI

  • Edwin Permana Universitas Jambi
  • Daniel Arsa Universitas Jambi
  • Faizar Farid Universitas Jambi
  • Aditya Denny Prabawa Universitas Jambi
  • Indra Lasmana Tarigan Universitas Jambi
  • Dhian Eka Wijaya Universitas Jambi
  • Ali Nurdin Hidayat Universitas Jambi
Keywords: Branding, Marketing, Shoes Cleaning, UMK

Abstract

Abstract

Jambi City. Shoe Cleaner was established in November 2019 and still needs to develop to be known in Jambi City. This business has not been noticed by many people because people do not know how to wash shoes properly, even though there are many methods of washing and raw materials available in the market. With the development of increasingly advanced science, it is necessary to have a new breakthrough in the operation of the shoe washing business in different ways and techniques, because at this time many people do not have residue on white shoes and the glue on shoes is damaged. Cleaning shoes also helps people who don't have much time to clean their shoes but want to keep their shoes clean. These two things are the main priorities in the formation of this cleaning shoe that is able to answer all the problems in society. Some of the challenges faced by UMK Shoes Cleaning include the not yet maximal use of the latest technology in shoe washing processes and the application of digital marketing to increase competitiveness and marketing that is still not right on target. it is necessary to improve operational management and provide training to continuously improve the skills of MSE actors and develop better related to the quality of products/services provided to consumers. The existence of UMK actors is very beneficial for increasing the income and welfare of the surrounding community.

 

Abstrak

Kota Jambi. Shoes Cleaning berdiri pada November 2019 dan masih perlu perkembangan agar dapat dikenal di Kota Jambi.  Usaha ini memang belum banyak dilirik orang karena masyarakat tidak mengetahui bagaimana cara mencuci sepatu dengan benar, kendati cara melakukan pencucian dan bahan baku yang tersedia banyak dipasaran.  Dengan perkembangan ilmu yang semakin maju maka perlu adanya terobosan baru dalam operasional usaha cuci sepatu dengan cara dan teknik berbeda, karena pada masa ini banyak orang yang mengeluh dengan adanya residu (noda kuning) pada sepatu berwarna putih dan lem pada sepatu menjadi rusak. Shoes cleaning ini juga membantu masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan sepatu tetapi ingin sepatu mereka tetap bersih. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam terbentuknya shoes cleaning ini yang mampu menjawab semua masalah pada masyarakat.  Beberapa tantangan yang dihadapi oleh UMK Shoes Cleaning antara lain belum maksimalnya penggunaan teknologi terbaru dalam proses cuci sepatu dan penerapan digital marketing untuk peningkatan daya saing dan pemasaran yang masih belum tepat sasaran.  dibutuhkan peningkatan manajemen operasional dan pemberian pendampingan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan sumber daya pelaku UMK secara kontinyu dan berkembang kearah yang lebih baik lagi terkait kualitas produk/jasa yang diberikan untuk konsumen. Eksistensi pelaku UMK ini sangat bermanfaat bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

 

Published
2022-12-20
How to Cite
Permana, E., Arsa, D., Farid , F., Prabawa, A. D., Tarigan, I. L., Wijaya, D. E., & Hidayat , A. N. (2022). PENINGKATAN MANAJEMEN DAN BRANDING USAHA BERBASIS TEKNOLOGI DAN DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL (UMK) SHOES CLEANING JAMBI. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022EK-30 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33344