MEMBANGKITKAN KESADARAN BERLITERASI MELALUI KARYA SASTRA BERTEMAKAN LINGKUNGAN DI DESA CIDAHU SUKABUMI
Keywords:
literasi, literasi kebahasaan, karya sastra, lingkungan, cidahu, sukabumiAbstract
Abstrak
Cidahu Village is one of the villages in Cidahu District, Sukabumi. This village has extraordinary natural beauty and is the strength of Cidahu Village. However, the beauty and natural potential of this village has not been supported by the literacy skills of the community. Literacy is an individual's ability and skill in language, which includes reading, writing, speaking, calculating, and solving problems. This community service activity aims to raise awareness of literacy for the community in Cidahu Village, Sukabumi, through literary works with the theme of the environment. The method used is an interdisciplinary approach and empowerment of local resources. The participants of the literacy activity were teachers and students in Cidahu. This activity is packaged in the form of literacy support activities related to linguistic aspects (linguistic literacy), namely reading, writing, and speaking. The writing aspect is in the form of creative writing workshops for Cidahu teachers. They were given a briefing on creative writing tips, then practiced writing short stories with the theme of the surrounding environment. Another form of writing literacy, namely a poetry creation competition with the theme of the environment, while reading and speaking literacy is in the form of a poetry reading competition.
Abstract
Desa Cidahu merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Cidahu, Sukabumi. Desa ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan menjadi kekuatan Desa Cidahu. Namun, keindahan dan potensi alam yang dimiliki desa ini belum ditunjang dengan kemampuan literasi masyarakat. Literasi merupakan kemampuan dan keterampilan individu dalam berbahasa, yang meliputi membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran literasi bagi masyarakat di Desa Cidahu, Sukabumi, melalui karya sastra bertemakan lingkungan. Metode yang digunakan ialah pendekatan interdisipliner dan pemberdayaan sumber daya lokal. Peserta kegiatan literasi adalah para guru dan siswa yang ada di Cidahu. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kegiatan penunjang literasi yang berkaitan dengan aspek kebahasaan (literasi kebahasaan), yaitu membaca, menulis, dan berbicara. Aspek menulis berupa lokakarya penulisan kreatif bagi guru Cidahu. Mereka diberikan pembekalan kiat-kiat menulis kreatif, kemudian berlatih menulis cerita pendek yang bertemakan lingkungan sekitar. Bentuk literasi menulis lainnya, yaitu lomba cipta puisi bertemakan lingkungan, sedangkan literasi membaca dan berbicara berupa lomba membaca puisi.