MENDORONG KESADARAN MEMBANGUN MEREK MELALUI PELATIHAN BAGI PELAKU UMKM DI KOTA DEPOK, JAWA BARAT

Authors

  • Andi Muhammad Sadat Universitas Negeri Jakarta
  • M. Edo Suryawan Siregar Universitas Negeri Jakarta
  • Sholikhah Universitas Negeri Jakarta
  • Basrah Saidani Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Brand Building Strategy, SMEs, Business competitiveness

Abstract

Abstract

One form of higher education participation in the community is increasing knowledge through the teaching process. Besides improving insight, this activity can also change people's perspectives. Brand management training targeting SMEs (Small and Medium Enterprises) in Depok City, West Java, is expected to increase knowledge and change the perspective of SME actors about the importance of building a brand for a product. The number of MSME actors in Depok City has reached 2,385 (Republika, 2019). It is estimated to be able to contribute significantly to the community's economy, so it must continue to be developed. Good knowledge of relevant brands according to their business field can undoubtedly increase their competitiveness. Through brand management training, MSME players can understand the concept and build a market-oriented brand strategy to create competitiveness and business continuity

 

Abstrak

Salah satu bentuk partisipasi perguruan tinggi bagi masyarakat adalah menambah pengetahuan melalui proses pengajaran. Selain dapat menambah wawasan, aktivitas ini juga dapat mengubah sudut pandang masyarakat. Melalui pelatihan manajemen merek dengan target UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Depok, Jawa Barat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan mengubah sudut pandang pelaku UMKM tentang arti penting membangun merek bagi sebuah produk. Jumlah pelaku UMKM di Kota Depok mencapi angka 2.385 (Republika, 2019), dan diperkirakan mampu berkontribusi secara signifikan terhadap perkonomian masyarakat, sehingga harus terus dikembangkan. Pengetahuan yang baik tentang merek yang relevan sesuai dengan bidang usaha yang mereka jalankan tentu saja dapat meningkatkan daya saing mereka. Melalui pelatihan manajemen merek, para pelaku UMKM dapat memahami konsep dan secara nyata membangun strategi merek yang berorientasi kepada pasar sehingga dapat menciptakan daya saing dan kelangsungan bisnisnya

Published

2022-12-20

How to Cite

Muhammad Sadat, A., Suryawan Siregar, M. E., Sholikhah, & Saidani, B. (2022). MENDORONG KESADARAN MEMBANGUN MEREK MELALUI PELATIHAN BAGI PELAKU UMKM DI KOTA DEPOK, JAWA BARAT . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022BRL-159 - SNPPM2022BRL-172. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33629

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.