PEMBUATAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI 2D PADA TUTOR ENGLISH COURSE TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA
Keywords:
English language, audio visual, learning media, syllabus, teaching materialsAbstract
Abstract
This service is in partnership with the Nurul Huda Islamic Boarding School Foundation which aims to assist English language development tutors in the pesantren environment.
The Nurul Huda Islamic Boarding School Foundation is a foundation that already has a compulsory English language program that is practiced in daily life but over time this
program feels stagnant and even stops. The purpose of this service is to provide assistance to language tutors to develop teaching materials and create learning media that can attract
students. The method used uses two approaches, namely functional and training. Starting from the observation stage, then carrying out permission with the leadership, syllabu training and teaching materials, and the last one is training in making 2-dimensional audio-visual learning media. In conclusion, this activity has provided new knowledge and competencies for tutors through the development of interesting and interactive learning media.
Abstrak
Pengabdian ini bermitra dengan Yayasan pondok pesantren Nurul Huda yang bertujuan untuk mendampingi para tutor pengembang bahasa inggris di lingkungan pesantren.
Yayasan pondok pesantren Nurul Huda adalah yayasan yang sudah mempunyai program wajib berbahasa inggris yang dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari namun seiring berjalan waktu program ini terasa stagnan dan bahkan berhenti. Tujuan pengabdian ini memberikan pendampingan kepada tutor bahasa untuk mengembangkan bahan ajar serta
membuat media pembelajaran yang dapat menarik para peserta didiknya.metode yang digunakan menggunakan dua pendekatan yaitu fungsional dan pelatihan. Dimulai dari
tahapan observasi, kemudian melaksanakan izin dengan pimpinan, pelatihan silabus serta bahan ajar, dan yang terakhir adalah pelatihan pembuatan media pembelajaran audio visual berbasis 2 dimensi. Pada kesimpulannya kegiatan ini telah memberikan penetahuan dan komptensi baru bagi para tutor melalui pengembangan media belajar yang menarik dan
interaktif.