PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA SEDERHANA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN KARYA YANG INOVATIF BAGI GURU SD NEGERI 44 AMBAN KABUPATEN MANOKWARI

  • Rahmatia STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Fatimahtun Zahra STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Syahira STKIP Muhammadiyah Manokwari
Keywords: The object of mathematics, innovative works, elementary teachers

Abstract

Abstract
Mathematics teaching aids are one component of the teaching and learning process that is made so that they can visualize abstract mathematical concepts more accurately. The existence of teaching aids can enable a good transfer of learning because it can increase students' interest and motivation, this can be seen in the improvement of mathematics learning outcomes. Based on the results of interviews with the principal and teachers at SD Negeri 44 Amban that not many use mathematics teaching aids in the process of learning mathematics. This is because the teachers at the elementary school cannot yet design and make simple mathematics teaching aids that are more innovative and the materials are found in the environment around us. From these problems, we as a team in the Community Service Program (PKM) assist in making simple mathematics teaching aids so that teachers can produce innovative work. This activity was carried out at SD Negeri 44 Amban with 15 participants who are teachers at the school. The results of this PKM program are teachers' enthusiasm for participating in this training, which is due to teachers' ability to create innovative works that can be used in the mathematics learning process.

 

Abstrak
Alat peraga matematika merupakan salah satu komponen dari proses belajar mengajar yang dibuat sedemikian hingga supaya dapat memvisualisasikan konsep matematika yang abstrak menjadi lebih nyata. Dengan adanya alat peraga dapat memungkinkan terjadinya transfer belajar yang baik karena dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa hal ini terlihat dalam peningkatan hasil belajar matematika. Dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah beserta guru di SD Negeri 44 Amban dalam proses pembelajaran matematika tidak banyak yang menggunakan alat peraga matematika. Hal ini dikarenakan guru-guru di SD tersebut belum memiliki kemampuan untuk merancang dan membuat alat peraga matematika sederhana yang lebih inovatif dan bahannya terdapat lingkungan sekitar kita. Dari permasalahan tersebut kami sebagai tim dalam Program Kepada Masyarakat (PKM) memberikan pendampingan pembuatan alat peraga matematika sederhana sehingga guru dapat menghasilkan karya yang inovatif. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 44 Amban dengan peserta 15 orang yang merupakan guru di SD tersebut. Hasil dari program PKM ini adalah adanya antusias guru dalam mengikuti pelatihan ini serta hal ini dikarenakan guru dapat menciptakan karya yang inovatif sehingga bisa dipergunakan dalam proses pembelajaran matematika

Published
2022-12-20
How to Cite
Rahmatia, Fatimahtun Zahra, S., & Syahira. (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA SEDERHANA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN KARYA YANG INOVATIF BAGI GURU SD NEGERI 44 AMBAN KABUPATEN MANOKWARI. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-213 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33708