PELATIHAN OPTIMALISASI FUNGSI MEDIA SOSIAL UNTUK SARANA PROMOSI UMKM CILINCING JAKARTA UTARA
Keywords:
trainingAbstract
Abstract
There are two main problems felt by micro, small and medium enterprises (MSME), namely: (1) the lack of skills of MSME actors in developing businesses (2) the lack of skills of MSME’s actors in using social media as a promotional medium. The Social Media Function Optimization Training for MSME Promotion Facilities is an activity to improve the promotion and marketing competence of MSME actors. The training was carried out on June 12, 2022, attended by a number of MSME actors with various types of businesses they run such as coffee shop entrepreneurs, food entrepreneurs, and so on. The activities carried out in this series of services include: (1) Providing material on how to optimize the function of social media, (2) Checking various e-commerce, and (3) Checking and improving promotions for MSMEs. After the Social Media Function Optimization Training for MSME Promotion Facilities, 93% of participants gave a positive assessment of the training provided. On the other hand, the participants also requested that training could be followed up with various other trainings. Another potential that can be developed in the future is related to the form of training which is developed into a workshop so that participants can directly practice the materials. It is hoped that MSME actors in partner places can take advantage of social media as a promotional medium so that they can increase their sales and profits.
Abstrak
Terdapat dua permasalahan utama yang dirasakan pelaku UMKM, yaitu: (1) kurangnya keterampilan pelaku UMKM dalam mempromosikan usahanya (2) kurangnya keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Kegiatan Pelatihan Optimalisasi Fungsi Media Sosial Untuk Sarana Promosi UMKM merupakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi promosi maupun pemasaran pelaku UMKM. Pelatihan dilakukan pada 12 Juni 2022 dan dihadiri oleh sejumlah pelaku UMKM di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dengan berbagai jenis usaha yang mereka jalankan seperti pengusaha kedai kopi, pengusaha makanan, pengusaha pakaian, dan lain sebagainya. Adapun aktivitas yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan pengabdian ini meliputi: (1) Pemberikan materi bagaimana mengoptimalkam fungsi media sosial, (2) Pengecekan berbagai e-commerce, dan (3) Pengecekan dan perbaikan promosi untuk UMKM. Setelah kegiatan Pelatihan Optimalisasi Fungsi Media Sosial Untuk Sarana Promosi UMKM, 93 % peserta memberikan penilaian yang positif terhadap pelatihan yang diberikan. Di sisi lain, para peserta juga meminta agar kegiatan pelatihan seperti ini dapat ditindaklanjuti dengan berbagai pelatihan lainnya. Potensi lainnya yang dapat dikembangkan kedepan adalah berkaitan dengan bentuk pelatihan yang dikembangkan menjadi workshop agar peserta dapat langsung mempraktikkan materi yang disampaikan sehingga narasumber hanya berperan sebagai fasilitator yang memonitoring langsung kemampuan para peserta. diharapkan pelaku UMKM di tempat mitra dapat memanfaatkan social media sebagai media promosi sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka.