PELATIHAN CHARACTER BUILDING MENGGUNAKAN KONSEP PROBLEM SOLVING MATERI MATEMATIKA TINGKAT SD PADA GURU DAN SISWA DI PULAU TIDUNG KEPULAUAN SERIBU

  • Ibnu Hadi Universitas Negeri Jakarta
  • Yudi Mahatma Universitas Negeri Jakarta
  • Eti Dwi Wiraningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Dini Zainati Universitas Negeri Jakarta
  • Rifa Khairunnisa Pratiwi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: character building, problem solving, elementary school mathematics, pembentukan karakter, pemecahan masalah, matematika SD

Abstract

Abstract

Character Building can be done using any media. Mathematics is a lesson that can be used as a media. In this paper, we will discuss how character building uses the concept of problem solving in elementary school mathematics material. The method used is in the form of training with teacher and student participants on Tidung Island, the Thousand Islands. In the early stages, students are given an explanation of the concept of character and its relation to mathematics. Then they were given elementary level mathematic problem solving questions. During the working, the students is guided structurally to solve the poblems, and they allow to work both independently or in a group. They are also introduced which characters that can be build through solving mathematical problems, such as discipline, honesty, hard work, creativity, curiosity, independence, communicative, disciplined habits in reasoning. The students were also given a pre-test and post-test to explore the comprehension of the relationship between character and mathematics. regarding the concept of character. From the results of the training provided, students can follow directions in solving problem solving problems. They also provide motivation on how to build character using mathematic materials. The students were enthusiastic in participating in the training provided. Many actions are needed from this training as a form of control over the results of the training that has been given. It is hoped that teachers can be actively involved in character building through problem solving in mathematics at the elementary level.

 

Abstrak

Pembentukan karakter dapat dilakukan menggunakan media apapun. Matematika merupakan pelajaran yang dapat digunakan sebagai sarananya. Pada tulisan ini akan dibahas bagaimana pembentukan karakter menggunakan konsep pemecahan masalah (problem solving) materi matematika tingkat sekolah dasar (SD). Metode yang digunakan adalah dalam bentuk pelatihan dengan peserta guru dan siswa di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Pada tahap awal, siswa diberikan paparan mengenai konsep karakter dan kaitannya dengan matematika. Kemudian mereka diberikan masalah problem solving matematika tingkat SD. Dalam pengerjaannya, siswa dibimbing secara terstruktur untuk menyelesaikannya, dan mereka bekerja secara mandiri maupun berkelompok. Mereka juga dikenalkan karakter yang dapat dibangun melalui  masalah problem solving matematika yaitu disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif, kebiasaan disiplin dalam bernalar. Para siswa juga diberikan pre-test dan post-test untuk menggali pemahaman hubungan antara karakter dan matematika. mengenai konsep karakter Dari hasil pelatihan yang diberikan, siswa dapat mengikuti arahan dalam menyelesaikan masalah problem solving. Mereka juga diberikan motivasi bagaiana membangun karakter menggunakan materi matematika. Para siswa antusias dalam mengikuti pelatihan yang diberikan. Diperlukan tindak lanjut dari pelatihan ini sebagai bentuk kontrol terhadap hasil pelatihan yang sudah diberikan. Diharapkan guru dapat terlibat dengan aktif terhadap Pembangunan karakter melalui problem solving materi matematika di tingkat SD.

Published
2023-10-30
How to Cite
Hadi, I., Mahatma, Y., Wiraningsih, E. D., Zainati, D., & Pratiwi, R. K. (2023). PELATIHAN CHARACTER BUILDING MENGGUNAKAN KONSEP PROBLEM SOLVING MATERI MATEMATIKA TINGKAT SD PADA GURU DAN SISWA DI PULAU TIDUNG KEPULAUAN SERIBU. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-63 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39348