PELATIHAN TES DAN PENGUKURAN PROFIL FISIK ATLET JUNIOR TENIS WILAYAH DKI JAKARTA TAHUN 2023

  • Okki Yonda Universitas Negeri Jakarta
  • Heru Miftakhudin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pelatihan, Profil Fisik, Tenis Lapangan, Course, Physical Profiling, Tennis

Abstract

Abstract

Based on a survey conducted in several tennis clubs in DKI Jakarta in September 2022, it was found that out of the 10 tennis clubs in Jakarta, only 3 out of 10 clubs conducted physical profiling. The remaining 7 clubs did not assess or evaluate athletes prior to designing physical training programmes. The development of a junior athlete's physical abilities necessitates the use of physical profiling data as a fundamental reference for designing future training programmes. The primary objective of physical profiling is to understand the underlying issues faced by athletes and to determine the extent of the gap or disparity they possess compared to their opponents. It is observed that tennis clubs in Jakarta lack physical profiling data as a basis for designing physical training programmes. While physical training is provided, the objectives pursued lack a solid foundation and are subject to bias in planning. Furthermore, there is a lack of future targets concerning the physical development of the athletes. On the basis of the existing problem, researchers are interested in developing a basic training programmes in order to contribute to the local tennis club's technical and physical coaches. The goal of this training is to improve the coaching staff's ability to create appropriate and accurate workout programmes, as well as to increase the coaching staff's general knowledge of the importance of physical training to the growth of junior tennis players in the DKI Jakarta area.

Keywords: Course, Physical Profiling, Tennis

 Abstrak 

Dari survey yang dilakukan di beberapa klub tenis lapangan di DKI jakarta pada september tahun 2022, dari 10 klub tenis lapangan yang ada di jakarta hanya 3 dari 10 klub yang melakukan pembuatan profil fisik, 7 diantaranya tidak melakukan tes dan pengukuran sebelum proses membuat program latihan fisik,dan dari 42 atlet yang diambil profilnya, 82% masuk benchmarking standar atlet junior nasional, dan 65% dari 42 yang masuk standar pemain internasional dan dalam mengembangkan fisik seorang atlet junior deperlukan data profil fisik yang menjadi dasar acuan dalam membuat program latihan kedepan, keutamaan dalam membuat profil fisik adalah untuk mengerti akar permasalahan yang dimiliki atlet, dan seberapa kerenggangan atau gap yang dimiliki oleh atlet tersebut jika di bandingkan dengan lawan lawannya, saya tidak melihat klub tenis dijakarta memiliki data fisik profil sebagai acuan dalam membuat program latihan fisik, mereka melatih fisik, tapi tujuan yang mereka kembangkan tidak memiliki dasar, bias dalam merencanakan, tidak memiliki target kedepan tentang fisik atlet tersebut. Maka dari itu peneliti tertarik untuk membuat suatu program kegiatan pelatihan dasar dalam rangka memberikan kontribusi pada klub tenis di daerah binaan kepada para pelatih tehnik maupun fisik. Luaran yang akan ditargetkan berupa kompetensi pelatih dalam membuat program latihan fisik dengan tepat dan akurat, serta meningkatkan pengetahuan lebih untuk para pelatih tentang peranan fisik dalam perkembangan atlet tenis junior di wilayah DKI jakarta.

Kata Kunci: Pelatihan, Profil Fisik, Tenis Lapangan

Published
2023-11-03
How to Cite
Okki Yonda, & Heru Miftakhudin. (2023). PELATIHAN TES DAN PENGUKURAN PROFIL FISIK ATLET JUNIOR TENIS WILAYAH DKI JAKARTA TAHUN 2023 . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023SH-145 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39474