PEMBERDAYAAN SADAR WISATA MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN USAHA KELOMPOK UMKM DI DESA WISATA SIRNAJAYA KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

Authors

  • Henny Herawaty Br Dalimunthe Universitas Negeri Jakarta
  • Puji Hadiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Retno Dwi Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Nararia Hutomo Putra Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Empowerment, Social Media, Business Groups, Tourism Awareness, Pemberdayaan, Media sosial, Kelompok Usaha, Sadar Wisata

Abstract

Abstract

Rawa Gede as one of the disnasti of Sirnajaya tourism village, Sukamakmur District, continues to develop its tourism base through increasing human resources, structuring facilities and infrastructure and optimizing available natural resources. Achieving the goal of a tourist village requires community involvement to maintain tourist attractions, comfort and service to tourists through various types of culinary, local products and tourism service businesses. The development of tourism villages is inseparable from various obstacles, especially in developing micro, small and medium enterprises, MSMEs. One of the reasons is the low level of education and the limited skills that business owners have. Based on this, a program is needed to improve the ability of people in tourism villages, especially MSME owners, to be empowered through training on the use of social media. Empowerment carried out through various stages of awareness, training and mentoring can help MSME groups to develop businesses together in tourist attractions. Strengthening MSME groups encourages the community to be involved in building tourism villages so as to form tourism awareness groups to maintain, develop village business products, tourism services by promoting through social media.

 

Abstrak

Rawa Gede sebagai salah satu disnasti desa wisata Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur terus melakukan pengembangan basis wisata melalui peningkatan sumber daya manusia, penataan sarana dan prasarana  serta optimasisasi sumber daya alam yang tersedia. Mencapai tujuan desa wisata membutuhkan keterlibatan masyarakat untuk menjaga objek wisata, kenyaman dan pelayanan terhadap para wisatawan melalui berbagai jenis kuliner, produk lokal dan usaha jasa wisata. Pengembangan desa wisata tidak tidak terlepas dari  berbagai kendala khususnya dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah UMKM. Salah satu penyebabnya yaitu tingkat Pendidikan yang rendah dan keterampilan yang dimiliki pemilik usaha terbatas . Berdasarkan hal ini diperlukan adanya program untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di desa wisata khususnya pemilik UMKM agar dapat berdaya melalui pelatihan tentang penggunaan media sosial. Pemberdayaan yang dilakukan melalui berbagai tahapan penyadaran, pelatihan dan pendampingan dapat membantu kelompok UMKM untuk mengembangkan usaha secara bersama di objek wisata. Penguatan kelompok UMKM  mendorong masyarakat untuk terlibat dalam membangun desa wisata sehingga membentuk kelompok  sadar wisata untuk menjaga, mengembangkan produk usaha desa,   jasa wisata dengan mempromosikan melalui media sosial.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Herawaty Br Dalimunthe, H., Hadiyanti, P., Lestari, R. D., & Putra, N. H. (2023). PEMBERDAYAAN SADAR WISATA MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN USAHA KELOMPOK UMKM DI DESA WISATA SIRNAJAYA KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-251 - SNPPM2023P-260. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39542

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.