PELATIHAN SERVICE EXCELLENT GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN LAYANAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN TEMPEL
Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Kurikulum Merdeka Belajar, Kompetensi Pedagogik, Community Empowerment, Merdeka Belajar Curriculum, Pedagogical CompetenceAbstract
Abstract
The lack of optimal service skills, especially educational services in the Tempel Muhammadiyah Branch, made the community service team and partners agree to organize service excellence training for teachers and education personnel in Muhammadiyah schools. The partner in this activity is the Muhammadiyah Branch Leadership of Tempel District. This activity aims to (1) provide insight into the components of service excellence that must be known, understood and mastered by teachers and educators - (2) practically realize the ability to provide excellent service. The methods used in this community service are coordination with community service partners and the Foundation that oversees them, training activities and workshops, training on communication skills in education, learning strategies to improve services, service techniques, training implementation and mentoring, and evaluation of activities. The result of this community service activity is the realization of excellent service patterns by teachers and education personnel. Another result is that there is an increase in excellent service in schools
Abstrak
Kurangnya optimalnya keterampilan pelayanan khususnya pelayanan pendidikan di lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tempel membuat tim pengabdian masyarakat dan mitra sepakat untuk menyelenggarakan pelatihan service excellence kepada guru dan tenaga pendidikan di sekolah muhammadiyah. Mitra dalam kegiatan ini adalah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Tempel. Kegiatan ini bertujuan (1) memberi wawasan mengenai komponen service excellent yang harus diketahui, dipahami dan dikuasai oleh pada guru dan tenaga pendidik- (2) secara praktis mewujudkan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang prima. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu koordinasi dengan mitra pengabdian masyarakat dan Yayasan yang menaungi, aktivitas pelatihan dan workshop, pelatihan tentang keterampilan komunikasi di dunia pendidikan, strategi pembelajaran untuk meningkatkan layanan, Teknik pelayanan, implementasi pelatihan serta pendampingan, dan evaluasi kegiatan.Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terwujudnya pola pelayanan prima oleh para guru dan tenaga kependidikan. Hasil lainnya adalah terdapat peningkatan pelayanan prima di sekolah.