PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D UP BOOK BERBASIS ARDUINO UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PADA SISWA TUNARUNGU

Authors

  • Diana Kamalia Universitas Jember
  • Ega Bonansyah utoyo Universitas Jember
  • Amar Ma’ruf Al Bawani Universitas Jember
  • Jalis Syarifah Universitas Jember
  • Muhammad Taufiqurrohman Universitas Jember
  • Lailatul Nuraini Universitas Jember

Keywords:

Validasi, Media Pembelajaran, Arduino, Literasi Sains, Learning Media, Scientific literacy

Abstract

Abstract

Learning media is the most important aspect in the learning process. Learning media is a support to make it easier to understand the material being studied. The purpose of this research was to describe the results of the development of Arduino-based 3D Up Book learning media to train science literacy in deaf students. This reasearch was the research and development method with the 4D model, namely define, design, develop, and disseminate. Data collection techniques using validation questionnaires, interviews, observation and documentation. The data analysis technique was descriptive. The results of validation by experts for media starbook, arduino-based solar system card, box up, pop up book on average linguistic aspects successively amounted to 85.41%, 85.41%, 83.3%, and 83.33%. Design quality aspects for media starbook, arduino-based solar system card, box up, pop up book on average successively amounted to 89%, 80.55%, 86.11%, and 91.6%. The usability aspect was 85.41%, 91.67%, 89.58%, and 87.5% respectively. The material aspect was 86.1%.  86,11%.  86.11%, and 86.11%. This shows that the media made on average fall into the valid category with little revision. Therefore, the Arduino-based 3D Up Book media can be used as an innovative media to support science literacy learning and pendalungan culture for deaf students of SLBN Jember more broadly.

 

Abstrak

Media pembelajaran merupakan aspek terpenting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran menjadi penunjang guna mempermudah dalam memahami suatu materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran 3D Up Book berbasis Arduino untuk melatihkan literasi sains pada siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model 4D yakni define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif. Hasil validasi oleh para ahli untuk media starbook, kartu tata surya berbasis arduino, box up, pop up book pada rata-rata aspek kebahasaan secara berturut-turut sebesar 85,41 %, 85,41%, 83,3%, dan 83,33%, Aspek kualitas desain untuk media starbook, kartu tata surya berbasis arduino, box up, pop up book secara berturut-turut sebesar 89%, 80,55%, 86,11%, dan 91,6%. Aspek kegunaan secara berturut-turut sebesar 85,41%, 91,67%, 89,58%, dan 87,5%. Aspek materi sebesar 86,1%.  86,11%.  86,11%, dan 86,11%. Hal ini menunjukkan bahwasannya, media yang dibuat rata-rata masuk dalam kategori valid dengan sedikit revisi. Oleh karena itu, media 3D Up Book berbasis Arduino dapat digunakan sebagai media inovatif untuk menunjang pembelajaran literasi sains dan budaya pendalungan bagi siswa tuna rungu SLBN Jember secara lebih luas.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Kamalia, D., utoyo, E. B., Al Bawani, A. M., Syarifah, J., Taufiqurrohman, M., & Nuraini, L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D UP BOOK BERBASIS ARDUINO UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PADA SISWA TUNARUNGU. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-344 - SNPPM2023P-358. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39564

Similar Articles

<< < 27 28 29 30 31 32 

You may also start an advanced similarity search for this article.