SISTEM BACK UP ENERGI DAN WEBSITE DIGITAL MARKETING KLINIK ISTANA SEHAT ABADI MALANG

Authors

  • Achmad Safi’i Universitas Negeri Malang
  • Dityo Kreshna Argeshwara Universitas Negeri Malang
  • Langlang Gumilar Universitas Negeri Malang
  • Denis Eka Cahyani Universitas Negeri Malang
  • Ira Kumalasari Universitas Negeri Malang
  • Dito Valentino Universitas Negeri Malang
  • M. Farrel Akbar Firzatullah Universitas Negeri Malang

Keywords:

energy back up system, marketing, service, website, clinic, sistem back up energi, pemasaran, pelayanan, wesite, klinik

Abstract

Abstract 

Istana Sehat Abadi Clinic is an economically productive business where on average this clinic can serve 15 patients with 6 effective working days and 2 shifts every day. So that during one month the average number of patients is 360 patients with different complaints. Many patients are satisfied with the services of the clinic. In the early stages of the service, visits and discussions were carried out on partner problems. From the discussions carried out, there are problems experienced by partners, namely administrative activities are often disrupted due to frequent power outages and patients who seek treatment are only patients around the clinic and regular patients. Then idea generation, conceptualisation and implementation of applicable solutions and handover of service results to partners were carried out. After that, evaluation and monitoring have been carried out for 1 month where the energy back up system works well and the website can increase the interest of new patients between 1 to 4 patients per day to come to the Clinic. Then continuous monitoring and evaluation will be carried out to determine the usefulness of the service activities that have been implemented to partners.

Keywords: energy back up system, marketing, service, website, clinic

Abstrak 

Klinik Istana Sehat Abadi merupakan usaha produktif secara ekonomi yang mana rata-rata klinik ini dapat melayani pasien dengan jumlah 15 pasien dengan 6 hari kerja efektif serta 2 shift setiap harinya. Sehingga selama satu bulan jumlah pasien rata-rata adalah 360 pasien dengan keluhan yang berbeda beda. Banyak pasien puas dengan pelayanan dari klinik. Pada tahap awal pengabdian dilakukan kunjungan dan diskusi terhadap permasalahan mitra. Dari diskusi yang dilakukan terdapat masalah yang dialami pada mitra yaitu kegiatan administrasi sering terganggu karena sering terjadi pemadaman listrik serta pasien yang berobat hanya pasien disekitar klinik dan pasien langganan. Lalu dilakukan penggalian ide, pembuatan konsep serta implementasi dari solusi yang dapat diterapkan serta serah terima hasil pengabdian pada mitra. Setelah itu telah dilakukan evaluasi dan monitoring selama 1 bulan dimana sistem back up energi bekerja dengan baik dan website dapat menambah ketertarikan pasien baru antara 1 sampai 4 pasien per hari untuk datang ke Klinik. Kemudian akan dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan untuk mengetahui kebermanfaatan kegiatan pengabdian yang telah diimplementasikan pada mitra. 

Kata Kunci: sistem back up energi, pemasaran, pelayanan, website, klinik

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Achmad Safi’i, Dityo Kreshna Argeshwara, Langlang Gumilar, Denis Eka Cahyani, Ira Kumalasari, Dito Valentino, & M. Farrel Akbar Firzatullah. (2024). SISTEM BACK UP ENERGI DAN WEBSITE DIGITAL MARKETING KLINIK ISTANA SEHAT ABADI MALANG. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024ST-40 - SNPPM2024ST-48. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/49524

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.