PSIKOEDUKASI TEKNOLOGI DAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN DIGITAL AWARENESS PADA GURU SEKOLAH

Authors

  • Vania Ardelia Universitas Negeri Surabaya
  • Wulan Patria Saroinsong Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Afifuddin Ghozali Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Nurul Ashar Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya
  • Ricky Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Onny Fransinata Anggara Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Istiq'faroh Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Sekolah Indonesia Johor Bahru, guru, psikoedukasi, SIJB

Abstract

Abstract

Massive developments in technology and social media have encouraged all aspects of life to adapt, including education. Teachers as the main driving force in education play a major role in creating quality education services for students. Unfortunately, the environment around students such as teachers who are still not in detail understand and are aware of the good use of technology and social media. Therefore, this community service was carried out to provide psychoeducation on technology and social media to increase digital awareness among teachers. Psychoeducation was conducted for 14 teachers at Sekolah Indonesia Johor Baru (SIJB) Malaysia. The implementation of psychoeducation by providing material, pre-test and post-test consisting of 23 questions about digital awareness and social media use. Results were analyzed by paired sample t test using Jamovi software. The results showed a significant increase in the understanding of digital awareness with a pre-test and post-test difference value of 8.07 (á = 0.019). This shows that this psychoeducation has an impact on significant changes in the understanding of digital awareness of technology and social media before and after psychoeducation in teachers.

Keywords: digital awareness; teacher; psychoeducation; Sekolah Indonesia Johor Bahru

 

Abstrak

Perkembangan masif pada teknologi dan media sosial turut mendorong semua aspek kehidupan untuk beradaptasi, termasuk dalam aspek pendidikan. Guru sebagai penggerak utama dalam pendidikan berperan besar dalam menciptakan pelayanan pendidikan yang berkualitas bagi siswa. Sayangnya, lingkungan di sekitar siswa seperti guru yang masih belum secara detail paham dan sadar tentang penggunaan teknologi dan media sosial yang baik. Maka dari itu, pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan psikoedukasi teknologi dan media sosial guna meningkatkan digital awareness pada guru sekolah. Psikoedukasi dilaksanakan kepada 14 guru di Sekolah Indonesia Johor Baru (SIJB) Malaysia. Pelaksanaan psikoedukasi dengan memberikan materi, serta pre-test dan post-test yang terdiri dari 23 pertanyaan tentang digital awareness dan penggunaan media sosial. Hasil tes dianalisis dengan uji t sampel berpasangan menggunakan bantuan software Jamovi. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman digital awareness dengan nilai perbedaan pre-test dan post-

test sebesar 8,07 (á = 0,019). Hal ini menunjukkan bahwa psikoedukasi ini memberikan dampak perubahan yang signifikan dalam pemahaman digital awareness teknologi dan media sosial sebelum dan sesudah psikoedukasi pada guru.

Kata Kunci: digital awareness; guru; psikoedukasi; SIJB

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Vania Ardelia, Wulan Patria Saroinsong, Shelly Andari, Muhammad Afifuddin Ghozali, Muhammad Nurul Ashar, Ima Widiyanah, … Kaniati Amalia. (2024). PSIKOEDUKASI TEKNOLOGI DAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN DIGITAL AWARENESS PADA GURU SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P365-SNPPM2024P374. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/49548

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.