PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN KUESIONER UNTUK MENGUKUR VARIABEL ABSTRAK PADA GURU SMA/SMK DI KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT

Authors

  • Bagus Sumargo Universitas Negeri Jakarta
  • Dania Siregar Universitas Negeri Jakarta
  • Lukman El Hakim Universitas Negeri Jakarta
  • Rizky Hilmianto Universitas Negeri Jakarta
  • Danu Umbara Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

kualitas pendidikan, variabel abstrak, pelatihan guru, instrumen evaluasi

Abstract

Abstract

The quality of education in Kabupaten Sukabumi still poses serious challenges, as reflected in its Human  Development Index (HDI) which is below the national average. One of the main causes is the lack of  training for teachers, especially in developing instruments to measure abstract variables in students such  as motivation, interest and attitude. This training aims to increase the capacity of SMA/SMK teachers in  developing effective questionnaires to measure latent variables in students through lecture, question and  answer, and simulation methods. The training evaluation was conducted using pre-test and post-test scores  analyzed by Wilcoxon Signed Rank Test, showing a significant increase in participants' knowledge (p <  0.05). In addition, the results of the “Who Am I” questionnaire showed that most participants have an  optimistic and confident personality, which supports learning and applying new knowledge. The training  proved effective in improving teachers' competencies, with the majority of participants finding the training  materials relevant and useful. Follow-up coaching is recommended to support further application and  development of skills.

 

Abstrak

Kualitas pendidikan di Kabupaten Sukabumi masih menunjukkan tantangan serius, hal tersebut tercermin  dari nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sukabumi yang berada di bawah rata-rata  nasional. Salah satu penyebab utamanya adalah karena kurangnya pelatihan bagi guru, terutama dalam  menyusun instrumen untuk mengukur variabel abstrak dalam diri siswa seperti motivasi, minat, dan sikap  siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru SMA/SMK dalam menyusun kuesioner  yang efektif untuk mengukur variabel laten dalam diri siswa melalui metode ceramah, tanya jawab, dan  simulasi. Evaluasi pelatihan dilakukan menggunakan skor pre-test dan post-test yang dianalisis dengan  Uji Wilcoxon Signed Rank, menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta secara signifikan (p < 0,05). Selain itu, hasil kuesioner "Who Am I" menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memiliki kepribadian  yang optimis dan percaya diri, yang mendukung pembelajaran dan penerapan pengetahuan baru.  Pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, dengan mayoritas peserta merasa  bahwa materi pelatihan relevan dan bermanfaat. Disarankan adanya pembinaan lanjutan untuk  mendukung penerapan dan pengembangan keterampilan lebih lanjut.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Bagus Sumargo, Dania Siregar, Lukman El Hakim, Rizky Hilmianto, & Danu Umbara. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN KUESIONER UNTUK MENGUKUR VARIABEL ABSTRAK PADA GURU SMA/SMK DI KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P139 -SNPPM2024P149. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/49593

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.