PENDAMPINGAN WORKSHOP DESAIN KEMASAN DAN FOTOGRAFI PRODUK BAGI PELAKU WIRAUSAHA “UMKM PINTER”
Keywords:
packaging design, product photography, social media, micro, mall and medium enterprises (MSME), workshop, desain kemasan, fotografi produk, media sosial, UMKMAbstract
Abstract
Eye-catching product packaging is a great way to attract potential buyers. Packaging with good aesthetic value represents the expectations of potential buyers and reflects consumers' expectations for a product's contents. The design must convey the idea of the product maker to consumers. This product packaging design workshop is tailored to the needs of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) "Pinter" members in the Brayut Parish area, Pandowoharjo Village, Sleman, DIY. The workshop aims to provide additional knowledge about effective, targeted, and 'selling' product packaging design to boost the selling power of Pinter MSME entrepreneurs' products. The participants include entrepreneurs in the culinary and food product fields, such as catering, snacks or klethikan, herbal tea products, and craft producers in the form of batik. The workshop includes providing materials by resource persons, followed by training or workshops through direct practice in planning packaging designs and photographing products using each participant's smartphone. The workshop results showed an increase in participants' knowledge of applying design techniques to their product packaging. Additionally, participants can now display their products through good and attractive photo results to promote them through trending social media platforms.
Keywords: packaging design, product photography, social media, micro, small and medium enterprises (MSME), workshop
Abstrak
Kemasan produk yang menarik merupakan salah satu cara jitu untuk menarik minat calon pembeli. Sebuah kemasan atau packaging produk dengan nilai estetika yang bagus akan mewakili harapan dari calon pembeli terhadap produk yang akan dibelinya. Kemasan yang menarik juga mewakili harapan dari konsumen atas isi atau konten dari sebuah produk. Desain kemasan harus mampu merepresentasikan gagasan si pembuat produk untuk disampaikan kepada konsumen. Kegiatan workshop desain kemasan produk ini merupakan
tindak lanjut dari kebutuhan pelaku usaha yang tergabung pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) “Pinter” di wilayah Paroki Brayut, Desa Pandowoharjo, Sleman, DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang desain kemasan produk yang baik, tepat sasaran dan ‘menjual’ serta untuk meningkatkan daya jual hasil produksi para pelaku wirausaha UMKM Pinter. Para pelaku wirausaha banyak berkecimpung pada bidang kuliner dan produk makanan seperti: katering, snack jajanan atau klethikan, produk teh herbal, juga pelaku produksi kerajinan berupa batik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian materi oleh narasumber dengan dilanjutkan pelatihan atau workshop melalui praktik langsung merencanakan desain
kemasan dan praktik memotret produk menggunakan smartphone masing-masing peserta. Hasil workshop menunjukkan peningkatan pengetahuan para peserta dalam menerapkan teknik-teknik desain pada kemasan produk mereka. Selain memahami prinsip dasar kemasan produk, peserta dapat menampilkan produk mereka melalui hasil foto yang bagus dan menarik untuk melakukan promosi melalui media sosial yang sedang tren pada masa kini.
Kata Kunci: desain kemasan, fotografi produk, media sosial, UMKM, workshop
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sita Yuliastuti Amijaya, Yordan Kristanto Dewangga, Wiyatiningsih, Vinsa Cantya P
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.