STRATEGI PEMASARAN MELALUI RE-DESIGN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN USAHA DAN DAYA SAING UKM BAKPIA ISTU PASCA COVID-19

  • Agung Utama Universitas Negeri Yogyakarta
  • Anita Mustikasari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Anis Okta Cahyaningrum Universitas Negeri Yogyakarta
  • Arya Sony Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Quality Function Deployment, Food Packaging, Community Service

Abstract

Abstract

Bakpia Istu SMEs is a business that produces bakpia in Yogyakarta. Bakpia Istu has a sales motto which is to always provide fresh bakpia to consumers, therefore bakpia production is still carried out every day despite the Covid-19 pandemic. Currently, the marketing process has started to use social media such as Instagram in addition to its offline store and is also a member of Go-food merchants, but it is still not optimal, especially in terms of product branding. Bakpia Istu is still far from attracting consumers. The role of packaging in the eyes of consumers will be able to increase or decrease sales of a product, because actually an attractive packaging appearance will give a distinct impression to consumers in determining their decision to buy or not to buy a product. Therefore, this service activity provides good knowledge and design for bakpia packaging using the Quality Function Deployment (QFD) technique. The benefit of this program is the realization of attractive and eye-catching packaging designs for Bakpia Istu SMEs.

 

Abstrak

UMKM Bakpia Istu merupakan usaha yang memproduksi bakpia yang berada di Yogyakarta. Hingga saat ini Bakpia Istu mempunyai motto penjualan yaitu selalu menyediakan bakpia yang selalu fresh kepada konsumen, oleh karenanya produksi bakpia tetap dilakukan setiap harinya meskipun dalam keadaan pandemic covid-19. Saat ini proses pemasarannya sudah mulai menggunakan sosial media seperti instagram selain toko offlinenya dan juga tergabung dalam merchant di Go-food namun masih kurang optimal terlebih dalam hal branding produk. Bakpia Istu terbilang masih jauh dari kata menarik konsumen. Peran kemasan dimata konsumen akan dapat meningkatkan atau menurunkan penjualan sebuah produk, karena sesungguhnya tampilan kemasan yang menarik akan memberi kesan tersendiri bagi para konsumen dalam menentukan keputusannya untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Oleh karenanya, kegiatan pengabdian ini memberikan pengetahuan dan desain yang baik untuk kemasan bakpia menggunakan teknik Quality Function Deployment (QFD). Manfaat dari program ini adalah terwujudnya desain kemasan yang menarik dan eyecatching bagi UMKM Bakpia Istu.

 

Published
2022-12-20
How to Cite
Utama, A., Mustikasari, A., Cahyaningrum, A. O., & Sony , A. (2022). STRATEGI PEMASARAN MELALUI RE-DESIGN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN USAHA DAN DAYA SAING UKM BAKPIA ISTU PASCA COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022EK-136 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33369