TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Kajian Etnografi Komunikasi di SMA Ehipassiko School BSD)

  • Meirisa Meirisa Universitas Negeri Jakarta
  • Yumna Rasyid Universitas Negeri Jakarta
  • Fathiaty Murtadho Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Illocutionary Speech Act, Ethnography of Communication

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai tindak tutur ilokusi dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dari bulan November 2016 hingga Maret 2017 di kelas XII IPS, SMA Ehipassiko School BSD. Penelitian ini difokuskan pada tindak tutur ilokusi, dengan subfokus kategori tindak tutur ilokusi, jenis tindak tutur ilokusi, dan fungsi tindak tutur ilokusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil kajian etnografi komunikasi untuk meneliti tindak tutur ilokusi dalam situasi yang sebenarnya. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, simak, rekam, dan wawancara. Data tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam pasangan tuturan dengan unit analisis situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat kategori tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII IPS yaitu kategori asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Kategori-kategori tersebut tersebar ke dalam beberapa jenis yang memiliki fungsinya masing-masing.
Kata Kunci : Tindak Tutur Ilokusi, Etnografi Komunikasi

ABSTRACT
This research aims to obtain the deepest understanding about illocutionary speech act of Indonesian Language learning interaction. This research was conducted from November 2016 until March 2017 at class XII IPS, SMA Ehipassiko School BSD. This research focuses on category of illocutionary speech act, and subfocuses on type of illocutionary speech act and function of illocutionary speech act. This research ia a qualitative research using ethnography communication for research illocutionary speech act in a real situation. The data is collected through observation, listening, recording, and interview. The data is then grouped into pair of utterances with unit analysis communicative situation, communicative event, and communicative act. The result showed four categories of illocutionary speech act during Indonesia language learning interaction at grade XII IPS namely: assertive, directive, commisive, and ekspressive among several types which have their own function.
Key Word : Illocutionary Speech Act, Ethnography of Communication

Author Biographies

Meirisa Meirisa, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta, Program Pascasarjana S2

Yumna Rasyid, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta, Program Pascasarjana

Fathiaty Murtadho, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta, Program Pascasarjana

Published
2017-07-02