PILIHAN BAHASA PADA MASYARAKAT MULTIBAHASA DI DESA BOTOHILISORAKE, NIAS SELATAN (Penelitian Etnografi pada Masyarakat Multibahasawan Nias, Indonesia dan Inggris)

  • Rebecca Evelyn Laiya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Language choice, multilingual, language teaching

Abstract

AbstrakĀ The aim of this study is to provide a deep understanding of the language choice of a multilingual society. This study is a qualitative research using ethnographic methods. Observation, recording and transcripts and interviews are data collection techniques used. Analysis of the data in this study conducted by transcribing the data recorded in written form, then analyzed and interpreted. The data analysis showed that: the language choice of Botohilisorake rural communities are very dense, consisting of ten language options. There are three main languages chosen: Nias Selatan dialect, Indonesian and English. But the choice of the most dominant language is Nias Selatan dialect. This is because the villagers who are proud of their identities as a Nias people in general Nias and Nias Selatan people in particular.

Keywords: Language choice, multilingual, language teaching

AbstrakĀ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pilihan bahasa pada masyarakat multibahasa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode etnografis. Observasi, rekaman dan transkrip dan wawancara adalah tehnik pengumpulan data yang digunakan. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan transkrip data rekaman ke dalam bentuk tulis, kemudian dianalisis dan dimaknai.
Analisis data menunjukkan bahwa: pilihan bahasa masyarakat desa Botohilisorake sangat lebat, terdiri dari sepuluh pilihan bahasa. Ada tiga bahasa yang paling utama dipilih yaitu bahasa Nias dialek Selatan, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tetapi pilihan bahasa yang paling dominan adalah bahasa Nias dialek Selatan. Hal tersebut dikarenakan masyarakat desa bangga akan identitas mereka sebagai orang Nias pada umumnya dan orang Nias Selatan pada khususnya.
Kata Kunci: Pilihan bahasa, multibahasa, pengajaran bahasa

Published
2015-07-30
How to Cite
Laiya, R. E. (2015). PILIHAN BAHASA PADA MASYARAKAT MULTIBAHASA DI DESA BOTOHILISORAKE, NIAS SELATAN (Penelitian Etnografi pada Masyarakat Multibahasawan Nias, Indonesia dan Inggris). Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 156 - 167. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.05