METODE EVALUASI SPECIAL EVENT

  • Mochammad Kresna N UMN

Abstract

Seitel (2011) menyatakan bahwa setiap program yang dilakukan oleh Public Relations harus dimulai dan diakhiri dengan riset. Namun, seringkali proses evaluasi event yang menjadi program dalam rangkaian kegiatan public relations menjadi hal yang terlewatkan. Hal ini tercermin dari pernyataan Dodi M. Gozali, dikatakan bahwa penelitian dianggap oleh perusahaan tidak bermanfaat bahkan dikatakan sebagai pemborosan dan dinilai sebagai alat untuk membeberkan kelemahan sendiri. Ukuran sukses atau tidaknya sebuah special event hanya berdasarkan dari target jumlah pengunjung saja. Apabila target pengunjung tercapai dan berjalan lancar maka acara tersebut terbilang sukses. Terkadang penyelenggara kurang memperhatikan aspek-aspek lain terkait dengan kenyamanan pengunjung. Seperti kurang optimalnya pelayanan fasilitas yang tersedia. Akibatnya, pengunjung bisa saja mengurungkan niat untuk datang kembali apabila diadakan pada tahun selanjutnya. Penulis memaparkan metode yang relatif efektif dan efisien untuk dilakukan dengan impact yang cukup signifikan dalam melakukan evaluasi sebuah event. Penjelasan tidak hanya tentang metode yang digunakan namun juga mencakup bagaimana mengimplementasikannya dengan data yang valid untuk evaluasi program special event public relations.

References

John A. Martilla and Davis W. Carvey. 1987 "Four Subtle Sins in Marketing Research," Journal of Marketing, Vol. 39 (1), 10.

Martilla, J. and James, J. 1977. ‘Importance-Performance Analysis’, Journal of Marketing, 41(1), 77-79.

Matzler, K., Sauerwein, E. and Heischmidt, K. 2003. ‘Importance-performance analysis Revisited: the role of the factor structure of customer satisfaction’, The Service Industries Journal, 23(2), 112-129.

Newsom, Doug, Judy Vanslyke Turk, Dean Kruckeberg. This Is PR: The Realities Relations, 8th ed. Canada: Thomson Wadsworth, 2004.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Seitel, Frasier P. 2013. International Editions, The Practice of Public Relations 13th edition. New Jersey. Prentice Hall.

Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2017-07-19
How to Cite
N, Mochammad Kresna. METODE EVALUASI SPECIAL EVENT. COMMUNICOLOGY: Jurnal Komunikasi, [S.l.], v. 5, n. 5, p. 26-40, july 2017. ISSN 2580-9172. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communicology/article/view/2668>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Citation Formats