METODE EVALUASI SPECIAL EVENT
DOI:
https://doi.org/10.21009/communicology.051.02Kata Kunci:
evaluasi event, special event, exhibitionAbstrak
Seitel (2011) menyatakan bahwa setiap program yang dilakukan oleh Public Relations harus dimulai dan diakhiri dengan riset. Namun, seringkali proses evaluasi event yang menjadi program dalam rangkaian kegiatan public relations menjadi hal yang terlewatkan. Hal ini tercermin dari pernyataan Dodi M. Gozali, dikatakan bahwa penelitian dianggap oleh perusahaan tidak bermanfaat bahkan dikatakan sebagai pemborosan dan dinilai sebagai alat untuk membeberkan kelemahan sendiri. Ukuran sukses atau tidaknya sebuah special event hanya berdasarkan dari target jumlah pengunjung saja. Apabila target pengunjung tercapai dan berjalan lancar maka acara tersebut terbilang sukses. Terkadang penyelenggara kurang memperhatikan aspek-aspek lain terkait dengan kenyamanan pengunjung. Seperti kurang optimalnya pelayanan fasilitas yang tersedia. Akibatnya, pengunjung bisa saja mengurungkan niat untuk datang kembali apabila diadakan pada tahun selanjutnya. Penulis memaparkan metode yang relatif efektif dan efisien untuk dilakukan dengan impact yang cukup signifikan dalam melakukan evaluasi sebuah event. Penjelasan tidak hanya tentang metode yang digunakan namun juga mencakup bagaimana mengimplementasikannya dengan data yang valid untuk evaluasi program special event public relations.
Referensi
Martilla, J. and James, J. 1977. ‘Importance-Performance Analysis’, Journal of Marketing, 41(1), 77-79.
Matzler, K., Sauerwein, E. and Heischmidt, K. 2003. ‘Importance-performance analysis Revisited: the role of the factor structure of customer satisfaction’, The Service Industries Journal, 23(2), 112-129.
Newsom, Doug, Judy Vanslyke Turk, Dean Kruckeberg. This Is PR: The Realities Relations, 8th ed. Canada: Thomson Wadsworth, 2004.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Seitel, Frasier P. 2013. International Editions, The Practice of Public Relations 13th edition. New Jersey. Prentice Hall.
Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY