Pengaruh Kompensasi dan Pengembangan Karir Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT.AXA Mandiri Financial Services

  • Annisa Pratiwi Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mediasi kepuasan kerja dalam pengaruh kompensasi dan pengembangan karir terhadap turnover intention karyawan PT. Axa Mandiri Financial Services. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban 220 responden karyawan PT. Axa Mandiri Financial Services.

            Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kompensasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap turnover intention, kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dan pengembangan karir berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Hasil lain yang dapat disimpulkan adalah bahwa variabel kepuasan kerja bukan merupakan variabel moderasi dalam hubungan antara variabel kompensasi dan variabel turnover intention serta variabel pengembangan karir dan variabel turnover intention. Variabel kepuasan kerja merupakan variabel mediasi dalam hubungannya dengan turnover intention.

Kata kunci: Kompensasi, Pengembangan Karir, Turnover Intention, dan Kepuasan Kerja

Published
2019-09-27