EFEK PENGADUKAN SAAT PELAPISAN TEMBAGA PADA ALUMUNIUM TERHADAP LAJU KOROSI

  • Syamsuir Universitas Negeri Jakarta
  • Hamzah Fajar Universitas Negeri Jakarta
  • Kurniawan Widodo Universitas Negeri Jakarta
  • Sopiyan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Elektroplating, Tembaga, Nikel, Alumunium, Magnetic stirrer

Abstract

Penggunaan alumunium yang dilapis tembaga akan lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pengunaan tembaga pejal. Saat ini penggunaan tembaga dalam dunia medis banyak dibutuhkan,karena dapat berfungsi sebagai anti bakteri (oligodinamik). Dalam penelitian ini akan dilakukan proses elektroplating dengan pelapis tembaga di atas substrat alumunium. Pada proses elektroplating tersebut akan ditambahkan juga proses pengadukan sebesar 300 rpm. Hal ini dilakukan agar distribusi ion merata. Pada proses elektroplating tembaga menggunakan kuat arus 20 mA,voltase 1,2 V selama 30 menit dengan komposisi larutan CuSO4 220gr/L dan H2SO4 20ml/L. Bedasarkan hasil uji korosi yang di dapat dengan diaduk maka laju korosinya meningkat. Laju korosi terendah pada substrat yang telah di lapisi dengan tembaga tanpa pengadukan. Terlihat pergeseran potensial korosi (Ekorosi) sekitar ±0,4V ketika dilapisi dengan tembaga, baik dengan pengadukan maupun tidak. Permukaan lapisan tembaga terlihat lebih seragam ketika dilakukan pengadukan saat proses elektroplating.

References

Sudana, I. M., Arsani, I. A. A., & Waisnawa, I. S. (2017). Alat Simulasi Pelapisan Logam Dengan Metode Elektroplating. Logic: Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, 14(3), 190.

Susetyo, F. B., Situmorang, E. M., Luthfiya, S., & Soegijono, B. (2018). Copper Electrodeposition onto Aluminum from a Copper Acid Baths In The Presence Of Poly Ethylene Glycol (PEG). In MATEC Web of Conferences (Vol. 218, p. 04026). EDP Sciences.

Manikandan, A., & Sathiyabama, M. (2015). Green synthesis of copper-chitosan nanoparticles and study of its antibacterial activity. Journal of Nanomedicine & Nanotechnology, 6(1), 1.

Sugiyarta, S., Bayuseno, A. P., & Nugroho, S. (2012). Pengaruh konsentrasi larutan dan kuat arus terhadap ketebalan pada proses pelapisan nikel untuk baja karbon rendah. ROTASI, 14(4), 23-27.

Amigato, A. F. A. A. F., & Marwati, S. M. S. (2016). Optimasi Potensial, Suhu Larutan, Dan Pengaruh Pengadukan Pada Elektrodeposisi Ion Logam Ag (I) Dalam Limbah Cair Elektroplating Dengan Menggunakan Agen Pereduksi Formaldehida. Jurnal Kimia Dasar, 5(1).

Ahmad, Z. (2006). Principles of corrosion engineering and corrosion control. Elsevier.

Published
2019-04-15
How to Cite
[1]
Syamsuir, Hamzah Fajar, Kurniawan Widodo, and Sopiyan, “EFEK PENGADUKAN SAAT PELAPISAN TEMBAGA PADA ALUMUNIUM TERHADAP LAJU KOROSI”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 6, no. 1, pp. 44 - 48, Apr. 2019.
Section
Articles