ANALISIS KARAKTERISTIK GETARAN STRUKTUR LENGAN AYUN SEPEDA MOTOR JENIS SUSPENSI TWINSHOCK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA DAN EKSPERIMENTAL

  • Ahmad Kholil Universitas Negeri Jakarta
  • Catur Setyawan Universitas Negeri Jakarta
  • Heru Saputro Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Lengan Ayun, Analisis Dinamik, Eksperimental

Abstract

Getaran merupakan hal penting dalam perencanaan struktur utama sepeda motor. Lengan ayun (swing arm) merupakan bagian struktur utama rangka sepeda motor, berfungsi berfungsi sebagai penahan roda penggerak dan sebagai tumpuan shock breaker. Lengan ayun dipasang tidak tetap agar dapat bergerak bebas mengikuti kontur jalan dan beban kendaraan selama sepeda motor bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dinamik lengan ayun sepeda motor jenis suspensi twinshock. Jenis ini dipilih karena paling banyak dipakai oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan membuat dua model lengan ayun berbahan carbon steel. Analisis statik dan dinamik pada struktur lengan ayun menggunakan software berbasis metode elemen hingga. Analisis statik untuk memperoleh nilai tegangan von mises dan displacement. Analisis dinamik untuk memperoleh nilai frekuensi pribadi. Setelah itu kedua model dilakukan analisis FRF (frequency response function) untuk melihat karakteristik getaran akibat respon dinamik dari eksitasi luar. Hasil analisis dengan software dibandingkan dengan analisis eksperimental menggunakan sensor accelerometer dan pengolah data digital. Hasil analisis menyimpulkan bahwa model B meiliki karakteristik yang baik karena tegangan von mises sebesar 246,8 MPa, displacement 2,2288 mm, dan frekuensi pribadi pertama 156,52 Hz.

References

Desai, C.S, Dasar-Dasar Metode Elemen Hingga, Jakarta: Erlangga,1996.

Ewins, D. J., Modal Testing: Theory and Practice, New York: John Wiley & Sons Inc., 1995.

He, Jimin, Zhi-Fang Fu, Modal Analysis, Oxford: Buttcrworth Heincmann, 2001.

Kosasih, P. Buyung, Teori dan Aplikasi Metode Elemen Hingga, Yogyakarta: Andi, 2012.

Liu, Yijun, Lecture Notes: Introduction to The Finite Element Method, Cincinnati: CAE Mechanical Engineering Dept. University of Cincinnati,2003.

Moaveni, Saeed, Finite Element Analysis Theory and Application with ANSYS, New Jersey: Prentice-Hill, 1999.

Nugroho, Amin, Ensiklopedi Otomotif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Pinem, Mhd. Daud, ANSYS Analisis Sistem Mekanik, Bandung: Wahana Ilmu Kita,2013.

Robinson, John, Motorcycle Turning Chassis, Woburn: MGP Book, Lth., 2001.

Susatio, Yerri, Dasar-Dasar Metode Elemen Hingga, Yogyakarta: Andi, 2004.

William. W Seto, Getaran Mekanis (Mechanical Vibrations), Terj. Darwin Sebayang. (Erlangga: Jakarta), 1992.

Published
2015-04-30
How to Cite
[1]
A. Kholil, C. Setyawan, and H. Saputro, “ANALISIS KARAKTERISTIK GETARAN STRUKTUR LENGAN AYUN SEPEDA MOTOR JENIS SUSPENSI TWINSHOCK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA DAN EKSPERIMENTAL”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 2, no. 1, pp. 36 - 42, Apr. 2015.
Section
Articles