PERMODELAN PEMBEBANAN AKIBAT BEBAN IMPACT PADA PELEK MOBIL DENGAN SISTEM GETARAN DUA DERAJAD KEBEBASAN

  • Ragil Sukarno Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Roda Mobil, Getaran 2 Derajad Kebebasan, Metode Elemen Hingga

Abstract

Dalam industri manufaktur khususnya pada bidang otomotif Penelitian dan Pengembangan (R&D) adalah proses yang berkelanjutan dan harus dilakukan secara tepat, supaya tidak tertinggal dalam persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini.   Desain pelek mobil adalah kombinasi dari keindahan dan kekuatan sehingga selain desain yang menarik kekuatan juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Dalam merancang sebuah pelek mobil kita tidak bisa mengabaikan faktor dari ban, sehingga pelek dan ban adalah sebuah kesatuan dalam sebuah roda. Roda mobil mengalami berbagai macam pembebanan, dan diantara beban-beban yang ada, beban yang diakibatkan oleh impact memegang peranan yang paling besar. Dalam menyimulasikan beban akibat impact ini akan sangat sulit bila menggunakan analisa statis jika tidak dimodelkan terlebih dahulu sebagai sebuah beban tunggal. Dan dalam penelitian ini pembebanan akibat beban impact dimodelkan sebagai sistem getaran dua derajat kebebasan. Metode penelitian ini diawali dengan memasukkan suspensi dan ban dimasukkan dalam permodelan. Data yang didapatkan dari permodelan sistem getaran ini kemudian disimulasikan dengan menggunakan Software Metode Elemen Hingga. Hasil permodelan dengan sistem getaran dua derajat kebebasan dan software metode elemen hingga didapatkan bahwa pada pelek jenis baja press, titik lokasi yang paling kritis adalah pada daerah hat radius. Ketebalan pelek juga berpengaruh terhadap besarnya tegangan impact, dimana semakin tebal dimensi pelek maka tegangan akibat beban impact juga semakin kecil. Dan ini tentunya juga akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap faktor keamanan dari pelek dan roda mobil bahwa faktor keamanan akan meningkat seiring dengan meningkatnya ketebalan.

References

Steidel, R.F, Jr., 1978, “An introduction To Mechanical Vibrations”, 3nd Edition, John Willey & Sons, New York.

Popov, E.P., Zainal Astamar, 1996, “Mekanika Teknik”, edisi kedua, Erlangga, Jakarta.

MSC, 1998, “MSC/Nastran for Windows : Analysis Examples Manual”, The MacNeal-Schwendler Corporation.

Kraige L.G., Meriam J.L,” Mekanika Teknik Statika”, edisi kedua Erlangga, Jakarta,.

Shigley Joseph E., Mitchell Larry D., “ Perencanaan Teknik Mesin”,Erlangga, Jakarta, 1994.

Kragelsky, ”Friction Wear Lubrication”, Moscow,1982.

Gillespie Thomas D.,”Fundamental of Vehicle Dynamics”, Society of Automotive Engineer,1992.

Satrijo Djoeli, “Modul I: Dinamika Kendaraan”, Universitas Diponegoro, Semarang, 1999.

Satrijo Djoeli, “Modul II : Dinamika Kendaraan”, Universitas Diponegoro, Semarang, 1999.

Published
2014-10-30
How to Cite
[1]
R. Sukarno, “PERMODELAN PEMBEBANAN AKIBAT BEBAN IMPACT PADA PELEK MOBIL DENGAN SISTEM GETARAN DUA DERAJAD KEBEBASAN”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 3, pp. 149 - 156, Oct. 2014.
Section
Articles