ABILITY OF WRITING POETRY USING THE MEDIA PICTURE GRADE STUDENT VIII SMP 1 PSKD JAKARTA PUSAT

Authors

  • Rusmi siagian UNJ
  • Zainal Rafli Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Gomo Attas Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/bahtera.192.09

Keywords:

Keywords: writing, poetry, image media.

Abstract

Abstract

 

This research is a quantitative research that aims to describe the ability to write poetry based on the image media of students of class VIII SMP 1 PSKD JAKARTA PUSAT District. The population of this study consists of 151 students that are put into 5 classes. Sampling is done by using simple random sampling technique with total sample of 109 students. The instrument used is the test used to obtain the data of students' ability in writing poetry. The tests are given in the form of essays. Data analysis techniques used descriptive statistical analysis that describes the results of Writing Poetry Ability using Picture Media.

Based on the descriptive statistic descriptive statistic analysis, the highest score obtained by the students in terms of the structure of the poem builder is 96 and the lowest score is 50 with the average score of 74,09. Thus it can be concluded that the students of grade VIII SMP 1 PSKD JAKARTA PUSAT are able to write poetry based on the media images.

 

Keywords: writing, poetry, image media.

Author Biographies

Zainal Rafli, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

Siti Gomo Attas, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

References

REFERENSI
A.M, Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Ahmad Rivai, dan Nana Sudjana. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Djumingin, Sulastriningsih & Mahmudah.
2007. Pengajaran prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Dola, Abdullah. 2007. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Effendi, M. 1996. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.


Fitriani, Andi. 2006. “Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 3 Makassar Menulis Puisi Berdasarkan Pengalaman Pribadi”. Skripsi. Makassar: UNM, FBS.



Akhadiah, Sabarti. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.


Anwar, Chairil, 2006. Deru Campur
Debu. Jakarta: Dian Rakyat.


Arief, dkk. 1984. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Arief, S. Sadiman. 1984. Media Pembelajaran, Pengertian, Pengembangan, Penempatan. Jakarta: Rajawali.





Arifin, Sari Rahayu. 2000. “Pemanfaatan Media Gambar Seri dan Pengaruhnya terhadap Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maros”. Skripsi. Makassar: FBS UNM.


Arsyad, Azhar. 2011. Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.


Atmazaki. 1993. Analisis Sajak Teori, Metodologi dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.


Dahlan, 2000. Model-Model Mengajar. Bandung: CV Cipta.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Depdiknas.


Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djumingin, Sulastriningsih & Mahmudah.
2007. Pengajaran prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Dola, Abdullah. 2007. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Effendi, M. 1996. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.


Fitriani, Andi. 2006. “Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 3 Makassar Menulis Puisi Berdasarkan Pengalaman Pribadi”. Skripsi. Makassar: UNM, FBS.


Kartini. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Menulis Akrostik pada Siswa kelas VA semester II MI Semplak Pilar Kabupaten Bogor, Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, Vol. I, No.
01, November 2011.


Kartono. 1980. Metode Penelitian. Bandung: Mizan.


Kennedy, X.J. 1971. Literature and Introduction to Fictions, Poetry and Drama. Baston: Little Brown & Company.


Khasanah, Umi. 2011. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi bebas Menggunakan Mind Map untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Soka UPT Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: UNY, FIP.


Kinani, Ristu. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Active Learning
Teknik Imajinasi Siswa Kelas V Sd Godegan Srandakan Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: UNY, FIP.


Kosasih. 2012. Dasar-Dasar
Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama
Widya.


Krejcie, Robert V. dan Daryle W.
Morgan. 1970. “Determining Sample Size for Research Activities”, Educational and Psychological Measurment. Vol. 30:607-
610.


Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2011. Penulisan Sastra Kreatif. Lamongan: Pustaka Ilalang.


Mahmudah, 2012. Teori dan Apresiasi Puisi Indonesia. Makassar: Penerbit UNM.


Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.


Nurjamal, dkk. 2011. Terampil
Berbahasa. Bandung: Alfabeta.


Pradopo, Rachmat Djoko. 1999. Pengkajian Puisi Analisis Sastra Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi Analisis Sastra Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik.

Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.


Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Poerwadarminta, W.J.S. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.


Rimang, Siti Suwadah. 2011. Kajian Sastra Teori dan Praktik. Yogyakarta: Aura Pustaka.


Salam. 2009. Pendidikan Penulisan
Kreatif. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Samosir, Tiorida. 2013. Apresiasi Puisi.
Bandung: Yrama Widya.


Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.


Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar
Teori Sastra. Jakarta: PT. Grasindo.


Sitaresmi, Nunung. 2011. Semantik
Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.


Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Sujarwanto, dkk. 2002. Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Peran Transformasi Sosial Budaya Abad XXI. Yogyakarta: Gama Media.


Sukardi, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.


Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan
Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2020-07-20

How to Cite

siagian, R., Rafli, Z., & Attas, S. G. (2020). ABILITY OF WRITING POETRY USING THE MEDIA PICTURE GRADE STUDENT VIII SMP 1 PSKD JAKARTA PUSAT. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 19(2), 336–350. https://doi.org/10.21009/bahtera.192.09