EFEKTIVITAS EVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI APLIKASI GOOGLE FORM
DOI:
https://doi.org/10.21009/bahtera.202.03Keywords:
google form, evaluasi hasil belajar, efektifitas, simple random, populasiAbstract
ABSTRAK
Artikel penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai efektivitas pemanfaatan Google Form dalam kegiatan evaluasi hasil belajar di bidang studi Bahasa Indonesia kelas V SD Islam Ruhama Ciputat Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan carat es dan nontes. Populasi dalam penelitian ialah seluruh peserta didik di kelas V SD Islam Ruhama Ciputat Timur. Sampel yang dipakai ialah kelas V-C SD Islam Ruhama Ciputat Timur dan tata cara pengambilan sampel menggunakan simple random tentang studi mengenai efektivitas evaluasi hasil belajar Bahasa Indonesia melalui aplikasi Google Form. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui, bahwa penilaian Bahasa Indonesia dengan menggunakan Google Form sangat efektif. Hal ini dapat diketahui dari tingkat ketuntasan hasil belajar, yaitu sebesar 96,7 % serta tanggapan dari siswa yang sebagian besar menyatakan sangat setuju (SS) sebanyak 30,3% dan sebanyak 58,0% menyatakan setuju (S).
Kata Kunci: efektivitas, google form, evaluasi
References
Covid, M., Sd, D. I., Baitul, I. T., & Way, M. (2020). Google form. 123–144.
Di, F., & Tomohon, K. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Tomohon International Flower Festival Di Kota Tomohon. Jurnal Eksekutif, 2(2).
Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.
Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379
Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa dada Masa Covid19 di SDIT Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123-144.
Nurul, mas’ud waqiah. (2013). Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699.
Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M. S. (2018). Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi. or. id. SISFOTENIKA, 8(2), 128-139.
Rahmiyati, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 201-209.
Santoso, P. B. (2019). Efektivitas penggunaan media penilaian google form terhadap hasil belajar pelajaran tik. In Prosiding seminar nasional PEP: kebijakan dan pengembangan pendidikan di era revolusi industri (Vol. 4, p. 287).
Septiawan, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Form Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di Smk Negeri 1 Koba the Effectiveness of the Use of Google Form in Linear Learning in Motorcycle Maintenance Lessons. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(November).
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Tarmini, W., Safi'i, I., Witdianti, Y., & Larassaty, S. (2020). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui webinar evaluasi hasil belajar bagi guru-guru MTs Al-Ma’arif 1 Aimas. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 53-62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.