Kajian Literatur Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PBL

Authors

  • Lilis Eka Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Anas Ahmadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21009/bahtera.232.05

Keywords:

Indonesian Language, Learning Media, Problem Based Learning

Abstract

This article review aims to collect and review articles that discuss the use of learning media in Problem Based Learning (PBL) based Indonesian language subjects. The research method used is descriptive qualitative with a literature review approach to articles in the last 10 years and obtained 10 articles that meet the requirements. Data collection was done through a literature review of previous articles related to the research. The findings obtained in this study indicate that there are a number of learning media that can be used in Problem Based Learning (PBL) based Indonesian language subjects, namely serialized picture media, wordwall media, animated video media, booklet media, comic media, spinning wheel media, and audio visual media. The conclusion that can be drawn is that these learning media are feasible to use to convey learning materials easily in Problem Based Learning (PBL) based Indonesian language subjects.

Author Biographies

Lilis Eka Sari, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Anas Ahmadi, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

References

Akbar, M.R., Mulyadi., & Shandi, S.A. (2021). “Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa”. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46-56. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/527
Apriansyah, M. R. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). “Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan”. Jurnal Keperawatan, 12. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43
Chysara, C.D.P., Wahid, A.R., & Sunaryo, H. (2023). “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model PBL Berbantukan Booklet pada Siswa Kelas 1 SDN Purwantoro 2”. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1079-1090. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7987/3010
Cicilia, F., Zuhri, M.S., & Wati, L.E. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia bagi Peserta Didik Kelas IV B SDN Bendungan Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusui, 8(1), 15292-15300. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14555
Hakim, L. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Pidato Persuasif melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Pembelajaran Audio Visual di Kelas 9-H pada SMPN 1 Malingping. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(1), 1-8. https://vm36.upi.edu/index.php/RBSPs/article/view/51268
Harsanti, D.W., & Lathifah, R.M. (2023). “Pengaruh Penerapan Media Wordwall terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023: Pembelajaran dan Edupreneur Bahasa dan Sastra Berbasis Teknologi Informasi, 125-132. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13156
Hulu, L., & Bawamenewi, A. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik di Sekolah Menengah Pertama (SMP)”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15820-15827. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8872
Khairunisa, Y. (2021). “Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Wordwall sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas”. Mediasi, 2(1), 41-47. https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/mediasi/article/view/254
Khairunnisa, W. (2017). Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas Xi Sma Angkasa Adisutjipto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kustandi, C., Zianadezdha, A., Fitri, A.K., Farhan, M., & L, N.A. (2021). “Pemanfaatan Media Visual dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran”. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 291-299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Layaliya, F.N., Haryadi., & Setyaningsih, N.H. (2021). “Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Studi Pustaka)”. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 81-84. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392
Lestari, D., Kristiantari, M.G.R., Asri, I.G.A.A.S., Hero, H., Sni, M.E., Mahmudah, L., Laila Puspita, Widodo, P., Lumintuarso, R., Sekolah, I. I. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 78. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Lestari, P.A., & Kristiantari, M.G.R. (2022). “Media Gambar Berseri Berorientasi Problem Based Learning pada Materi Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(2), 226-232. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.46639
Lestari, R. D. (2021). “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SD N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021”. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1-6. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JIPG/article/view/11309/4503
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876
Nisak, K., Ahmadi, A., & Mazidah, N. (2023). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Permainan Estasi (Estafet Menulis Puisi) di Kelas X-5 SMAN 2 Jombang”. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 121-133. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3042
Nuarita, F. (2017). “Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY, 6(4), 506-518. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbsi/article/view/8081
Nurgiansah, T.H. (2022). “Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4902
Nurrita, T. (2018). “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa”. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Pramesti, A.A., Ekowati, D.W., & Febriyanti, F. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 490-499. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.316
Purdiana, K.F., Ahmadi, A., Mazidah, N. (2023). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Wattpad dengan Model Project Based Learning pada Kelas X-3 SMAN 2 Jombang”. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 135-145. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3036
Putri, N.M., & Saino. (2020). “Pengembangan Booklet sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP di SMKN Mojoagung”. JPTN: Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 925-931. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p925-931
Rahmadhani, G.F., Satyani, E.A., Suprobo, P.W., Sari, R.U.P.K., & Setiawan, R. (2023). “Efektivitas Penggunaan Media Digital & Media Konvensional dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Al-Azhar Solo Baru”. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023: Pembelajaran dan Edupreneur Bahasa dan Sastra Berbasis Teknologi Informasi, 171-178. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13162
Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). “Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer”. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367
Rijali, A. (2018). “Analisis Data Kualitatif”. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rusandi., & Rusli, M. (2021). “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus”. AUJPSI: Al-Ubudiyah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sahuni, S., Budiningsih, I., & P, L. M. (2020). “Interaksi Media Pembelajaran dengan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab”. Akademika, 9(2), 43–52. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.871
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Savitri, K.P.B., & Manuaba, I.B.S. (2022). “Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V”. JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 344-354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4070
Solikah, R.S., & Shofiani, A.K.A. (2023). “Literature Review: Analisis Artikel Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Senapastra: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1, 25-34.https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/Senapastra/article/view/5415/2480
Suparman. (2021). “Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280–294. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1181
Surya, I.K.A.P., Wiyasa, I.K.N., & Kristiantari, M.G.R. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Kompetensi Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 24-32. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.61075
Sutrisno, K.T., Listyarini, I., & Adi, C.W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SD N 1 Senenan Jepara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pascasarjana Universitas PGRI Semarang, 1(1), 722-730. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4019
Syahab, F., Ahmadi, A., & Mazidah, N. (2023). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Tema Cerita Rakyat Jombang Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dan Bermedia Padlet”. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 43-60. DOI: 10.31571/bahasa.v12i1.5841
Wisnawati, R.D., & Sayekti, I.C., & Rahayu, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Roda Berputar pada Materi Kalimat Tanya Kelas V Sekolah Dasar. Educatif: Journal of Education Research, 4(3), 195-203. https://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/222
Yuanta, F. (2017). “Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar”. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 60-70. https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/download/36/28/96
Yuliani, W. (2018). “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling”. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Eka Sari, L., & Ahmadi, A. (2024). Kajian Literatur Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PBL. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 23(2), 184–200. https://doi.org/10.21009/bahtera.232.05