Pengaruh Tayangan Kartun di TV Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak
DOI:
https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.4Keywords:
Tayangan Kartun, Televisi, Anak, Menonton, AspekAbstract
Pada era sekarang ini, Televisi adalah media yang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat dan hampir semua masyarakat di Indonesia memiliki televisi. Perkembangan televisi membuktikan bahwa dengan sifat audio visual yang dimilikinya, menjadikan televisi sangat pragmatis, sehingga mudah mempengaruhi penonton dalam hal sikap, tingkah laku, dan pola berpikir. Penelitian yang kami teliti bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh tayangan kartun di tv terhadap kemampuan bersosialisasi anak. Sumber data yang diperoleh adalah dari pembagian kuesioner di lapangan. Tiga hal yang dapat dijadikan indikator untuk mengukur pengaruh menonton tayangan televisi yaitu indikator frekuensi, durasi, dan atensi. Membangun “Awareness” (kepedulian) Orang tua terhadap anak-anak untuk memberikan bimbingan pada saat anak menonton TV serta mendukung pilihan hiburan yang tepat bagi anak-anak serta kampanye terhadap media elektronik khususnya Televisi komersial untuk memberikan tayangan edukatif bagi anak-anak. Hasil pengujian menunjukan variable tayangan kartun di TV berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bersosialisasi anak, itu berarti bahwa tayangan kartun di Televisi mempengaruhi kemampuan bersoisalisasi anak.
References
Darwanto S. S (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Masyuhuri & Zainudin, M (2008). Metode Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama
Morrisan (2013). Teori Komunikasi Massa.. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Nurudin (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers
Rakhmat, Jalaluddin (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Penerbit PT Remaja Eosdakarya
Siregar, Syofian (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Penerbit Kencana
Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 17–31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336
Asri, R. (2018). Konstruksi Realitas Kecerdasan Anak: Analisis Semiotik Barthes Iklan Susu Formula Anak Di Televisi. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 43–65.
Hermawan, H., & Hamzah, Erland, R. (2017). Objektifitasi Perempuan Dalam Iklan Televisi: Analisis Lintas Budaya Terhadap Iklan Parfum Axe Yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2), 166–176.
Muhammad, I., Atmaja, S., & Setiyowati, E. (2017). Obyektivitas Televisi Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(1), 82–100.
Pratama, D. Y., Iqbal, I. M., & Tarigan, N. A. (2019). Makna Televisi Bagi Generasi Z. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 88–103.
Triwardani, R. (2011). Televisi dalam Ruang Keluarga: Menyoal Menonton Televisi sebagai Praktik Konsumsi dalam Konfigurasi Ruang Domestik. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 8(2). https://doi.org/10.24002/jik.v8i2.177
Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 17–31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336
Asri, R. (2018). Konstruksi Realitas Kecerdasan Anak: Analisis Semiotik Barthes Iklan Susu Formula Anak Di Televisi. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 43–65.
Hermawan, H., & Hamzah, Erland, R. (2017). Objektifitasi Perempuan Dalam Iklan Televisi: Analisis Lintas Budaya Terhadap Iklan Parfum Axe Yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2), 166–176.
Muhammad, I., Atmaja, S., & Setiyowati, E. (2017). Obyektivitas Televisi Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(1), 82–100.
Pratama, D. Y., Iqbal, I. M., & Tarigan, N. A. (2019). Makna Televisi Bagi Generasi Z. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 88–103.
Triwardani, R. (2011). Televisi dalam Ruang Keluarga: Menyoal Menonton Televisi sebagai Praktik Konsumsi dalam Konfigurasi Ruang Domestik. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 8(2). https://doi.org/10.24002/jik.v8i2.177
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY