Pengaruh Tayangan Kartun di TV Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak

Authors

  • Fajri Raihan
  • Fadilla Rachman
  • Irwan Gita Saputra
  • Muhamad Iqbal Afghan

DOI:

https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.4

Keywords:

Tayangan Kartun, Televisi, Anak, Menonton, Aspek

Abstract

Pada era sekarang ini, Televisi adalah media yang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat dan hampir semua masyarakat di Indonesia memiliki televisi. Perkembangan televisi membuktikan bahwa dengan sifat audio visual yang dimilikinya, menjadikan televisi sangat pragmatis, sehingga mudah mempengaruhi penonton dalam hal sikap, tingkah laku, dan pola berpikir.  Penelitian yang kami teliti bersifat deskriptif kuantitatif.  Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh tayangan kartun di tv terhadap kemampuan bersosialisasi anak. Sumber data yang diperoleh adalah dari pembagian kuesioner di lapangan. Tiga hal yang dapat dijadikan indikator untuk mengukur pengaruh menonton tayangan televisi yaitu indikator frekuensi, durasi, dan atensi. Membangun “Awareness” (kepedulian) Orang tua terhadap anak-anak untuk memberikan bimbingan pada saat anak menonton TV serta mendukung pilihan hiburan yang tepat bagi anak-anak serta kampanye terhadap media elektronik khususnya Televisi komersial untuk memberikan tayangan edukatif bagi anak-anak. Hasil pengujian menunjukan variable tayangan kartun di TV berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bersosialisasi anak, itu berarti bahwa tayangan kartun di Televisi mempengaruhi kemampuan bersoisalisasi anak.

 

References

Diah Wardhani (2008). Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Darwanto S. S (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Masyuhuri & Zainudin, M (2008). Metode Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama

Morrisan (2013). Teori Komunikasi Massa.. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Nurudin (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers

Rakhmat, Jalaluddin (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Penerbit PT Remaja Eosdakarya

Siregar, Syofian (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Penerbit Kencana

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 17–31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336

Asri, R. (2018). Konstruksi Realitas Kecerdasan Anak: Analisis Semiotik Barthes Iklan Susu Formula Anak Di Televisi. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 43–65.

Hermawan, H., & Hamzah, Erland, R. (2017). Objektifitasi Perempuan Dalam Iklan Televisi: Analisis Lintas Budaya Terhadap Iklan Parfum Axe Yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2), 166–176.

Muhammad, I., Atmaja, S., & Setiyowati, E. (2017). Obyektivitas Televisi Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(1), 82–100.

Pratama, D. Y., Iqbal, I. M., & Tarigan, N. A. (2019). Makna Televisi Bagi Generasi Z. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 88–103.

Triwardani, R. (2011). Televisi dalam Ruang Keluarga: Menyoal Menonton Televisi sebagai Praktik Konsumsi dalam Konfigurasi Ruang Domestik. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 8(2). https://doi.org/10.24002/jik.v8i2.177

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 17–31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336
Asri, R. (2018). Konstruksi Realitas Kecerdasan Anak: Analisis Semiotik Barthes Iklan Susu Formula Anak Di Televisi. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 43–65.
Hermawan, H., & Hamzah, Erland, R. (2017). Objektifitasi Perempuan Dalam Iklan Televisi: Analisis Lintas Budaya Terhadap Iklan Parfum Axe Yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2), 166–176.
Muhammad, I., Atmaja, S., & Setiyowati, E. (2017). Obyektivitas Televisi Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(1), 82–100.
Pratama, D. Y., Iqbal, I. M., & Tarigan, N. A. (2019). Makna Televisi Bagi Generasi Z. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 88–103.
Triwardani, R. (2011). Televisi dalam Ruang Keluarga: Menyoal Menonton Televisi sebagai Praktik Konsumsi dalam Konfigurasi Ruang Domestik. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 8(2). https://doi.org/10.24002/jik.v8i2.177

Downloads

Published

2020-02-03

How to Cite

Raihan, F., Rachman, F., Gita Saputra, I., & Iqbal Afghan, M. (2020). Pengaruh Tayangan Kartun di TV Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak. Communications, 2(1), 51–66. https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.4