Model Kerangka Kerja Sosialisasi Identitas Baru JAKTV

Authors

  • Tiara Pratiwi STIKOM The London School of Public Relations
  • Ina Novita Sari
  • Yuliana Riana Prasetyawati

DOI:

https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.3

Keywords:

Model Kerangka Kerja, Respositioning, Sosialisasi, Identitas Baru, JAKTV

Abstract

Perkembangan pasar dan pengubahan gaya hidup audience umumnya menuntut perusahaan untuk beradaptasi seperti dilakukannya repositioning terhadap target market dan citra perusahaan untuk menjaga eksistensi serta memperluas pangsa pasar, salah satu upaya yang dilakukan yaitu pengubahan identitas perusahaan. Industri televisi menjadi salah satu industri yang terdampak, karena kini masyarakat bisa menyaksikan tayangan televisi melalui handphone. Akibat hal tersebut, JAKTV turut melakukan pengubahan identitas perusahaan berupa pengubahan logo dan tagline serta menjalankan proses sosialisasi sejak 1 Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi implementasi taktik public relations dalam menyosialisasikan logo dan tagline baru JAKTV. Teori rebranding dan konsep public relations tools digunakan untuk menganalisa kegiatan sosialisasi dengan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan teknik wawancara terstruktur kepada tim public relations JAKTV hingga salah satu pemirsa JAKTV sebagai metode pengumpulan data, sementara metode pengambilan sampel quota sampling yang dilakukan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan sehingga menghasilkan 5 narasumber. Penelitian ini menghasilkan model kerangka kerja dari proses sosialisasi identitas baru JAKTV. Disarankan agar peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai persepsi dari target publik JAKTV terhadap repositioning JAKTV dari MY CITY MY TV menjadi Dari Jakarta untuk Indonesia.

References

Creswell, J.W. (1994). Research Design: Qualitative & Quantitative Approacher. Chicago,
United States of America: Sage Publications.

Cohen. L., Manion. L. & Morrison. K. (2007). Research Methods In Education (6 ed.). New
York, United States of America: Routledge.

Cutlip, S.M., Center, A. H., Broom, G.M. (2011). Efective Public Relations. Jakarta,
Indonesia: Kencana.

Dahwilani, D. M. (2018, Februari 22). Perkuat Bisnis Danone–Aqua Gunakan Logo dan
Slogan Baru. Diakses dari https://ekbis.sindonews.com/read/1284393/34/perkuat-bisnis-danone-aqua-gunakan-logo-dan-slogan-baru-1519309709.

Danim, S. (2000). Metode Penelitian Untuk Ilmu–Ilmu Perilaku: Acuan Dasar Bagi
Mahasiswa Program Sarjana Dan Peneliti Pemula. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Eriyanto. (2004). Analisa Framing: Konstruksi, Ideologi, Dan Politik Media. Yogyakarta,
Indonesia: LKiS.

JAKTV. (n.d). Perubahan Logo dan Tagline JAKTV. Data internal perusahaan. Jakarta,
Indonesia: Author.

Kriyantono, R. (2012). Public Relations Writing :Teknik Produksi Media Public Relations
dan Publisitas Korporat. Jakarta, Indonesia: Kencana Prenada Media.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3 ed.).
United States of America: SAGE.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative And Quantitative Approaches.
(Eds 7). Harlow, United Kingdom: Pearson Education Limited.

Purbalingga Sehati Dilaunching, Purbalingga Tidak Lagi Perwira (2017, July 18). Diakses
dari https://banyumasnews.com/96506/purbalingga-sehati-dilaunching-purbalingga-tidak-lagi-perwira/.

Ridlo, M. (2017, Juli 20). Slogan Sehati Kreasi Bupati Purbalingga Malah Undang Pro
Kontra. Diakses dari https://www.liputan6.com/regional/read/3028892/slogan-sehati-kreasi-bupati-purbalingga-malah-undang-pro-kontra.

Rita. (2015, May 15). Sukseskah Rerbanding Tokobagus Menjadi
OLX?. Diakses dari https://sbm.binus.ac.id/2015/05/15/sukseskah-rebranding-tokobagus-menjadi-olx/.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.

Satryatomo , T. (2017, Maret 18). Menata Industri Penyiaran Yang Sedang Berubah. Diakses
dari https://nasional.sindonews.com/read/1189479/18/menata-industri-penyiaran-yang-sedang-berubah-1489804846

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, Indonesia:
Alfabeta

Wulandari, D. (2014, November 25). 10 Rebranding Campaign Paling Sukses. Diakses
dari http://mix.co.id/headline/10-rebranding-campaign-paling-sukses.

Downloads

Published

2020-02-03

How to Cite

Tiara Pratiwi, Novita Sari, I., & Riana Prasetyawati, Y. (2020). Model Kerangka Kerja Sosialisasi Identitas Baru JAKTV. Communications, 2(1), 33–50. https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.3