Strategi Public Relations Advokasi Perpustakaan PerpuSeru
DOI:
https://doi.org/10.21009/Communications.2.2.3Keywords:
Strategi, Public Relations, AdvocacyAbstract
Program Perpustakaan Seru adalah sebuah program pengembangan Perpustakaan Umum di Indonesia menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations yang dijalankan oleh pihak perpustakaan terkait dengan Program PerpuSeru dalam mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dengan melakukan wawancara pada direktur program PerpuSeru dan staff manager komunikasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas public relations PerpuSeru ditujukan bagi publik internal dan eksternal. Terdapat tiga strategi public relations PerpuSeru. Pertama, mengelola relasi yang dilakukan oleh tim media di dalam pelaksanaan menjalin hubungan dengan wartawan. Kedua, mengembangkan materi public relations untuk media massa dan divisi public relations untuk mengikuti workshop, seminar, pelatihan mengenai dunia public relations dan jurnalistik. Ketiga yaitu mengembangkan jaringan yaitu dengan wartawan-wartawan media massa.
References
in Lahore, Pakistan. New Library World, 116(7/8) , 455-466.
Auger, G. A. (2013). Fostering democracy through social media: Evaluating
diametrically opposed nonprofit advocacy organizations’ use of Facebook,
Twitter, and YouTube. Public Relations Review, 39(4) , 369-376.
Basuki, S. (2003). pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: universitas terbuka.
Burns, E. A. (2014). Practitioner strategies for effective advocacy engagement in the USA .
Das, A. K. (2010). Library Advocacy in India in the Light of Education for Sustainable
Development–Perspectives of an Emerging Economy. World Library And Information Congress: 76th IFLA General Conference and Assembly (pp. 1-21). Gothenburg, Swedia: International Federation of Library Associations and Institutions.
Griadhi, M. H. (2007). Pentingnya Keberadaan Public Relations pada
Penyelenggaraan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Buletin
Perpustakaan Universitas Airlangga, 2(1) , 20-23.
Gunawan, A. (2017). Promosi dan Public Relation di Perpustakaan. Jurnal Pari, 2(2) ,
126-136.
Hafizah, E. (2015). Strategi Public Relations dalam Membangun Hubungan Dengan
Media. Al-Hikmah, 8(2) .
Ikpe, E. H., & Olise, F. P. (2010). The Era of New Media Technologies and the
Challenges of Media Relations Practice in Nigeria. Journal Communication, 1(2)
, 59-68.
Ilmi, A. R., & Husna, J. (2019). Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa Oleh Dinas
Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Demak Dengan Mitra Kerja
Perpuseru (Studi Kasus: Perpustakaan Desa Kenanga, Perpustakaan Desa
Melati dan Perpustakaan Desa Nusa Indah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), , 131-
140.
Iriantara, Y. (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, danPraktik(cet.2). Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Israel, O. (2012). Public relations activities in an academic library: the roles of the
reference librarian. International Journal of Library Science, 1(2) , 38-42.
Jefkins, F. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Marshall, N. J. (2001). Public relations in academic libraries: a descriptive analysis. The
Journal of Academic Librarianship, 27(2) , 116-121.
Mayesti, N. (2001). Advokasi perpustakaan di era informasi. AL-MAKTABAH, 3(1) ,
24-32.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang
Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pang, A. (2010). Mediating the media: a journalist‐centric media relations model.
Corporate Communications: An International Journal, 15(2) , 192–204.
doi:10.1108/13563281011037955.
Pramudyana, B. O., Mandalia, S. A., & Putra, A. (2015). Strategi Media Relations
Pusdatin Kementerian Kelautan Dan Perikanan Dalam Menjalin Hubungan
Dengan Media. eProceedings of Management, 2(2 .
Sribu.com. (n.d.). Perpuseru untuk hidup lebih baik. Retrieved 2019, from
https://cdn.sribu.com/assets/media/contest_attachment/2755eea4c423d0ae
7b8a3a6f068b414d/253f8d10cc.pdf
Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.
Supa, D. W. (2014). The academic inquiry of media relations as both a tactical and
strategic function of public relations. Research Journal of the Institute for Public
Relations, 1(1) , 1-15.
Supa, D., & Zoch, L. (2009). Maximizing Media Relations Through a Better
Understanding of the Public Relations-Journalist Relationship. Public Relations
Journal Vol. 3, No. 4 .
Tanoko, G. C., Vidyarini, T. N., & Rusdianto, M. (2018). Strategi Media Relations Level
21 Mall Dalam Menghadapi Publisitas Negatif. Jurnal e-Komunikasi, 6(2) .
Tunardjo, M. (2018). Pengembangan perpustakaan kabupaten/kota dan
perpustakaan desa/kelurahan berbasis program perpustakaan seru
(PerpuSeru) di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Flobamora, 2(01) , 9-19.
Vovk Škerl, P. (2015). Media Relations as a Strategic Instrument in Slovenian
Companies. Journal of Accounting and Management, (2) , 89-98.
Waters, R. D., Tindall, N. T., & Morton, T. S. (2010). Media catching and the journalist–
public relations practitioner relationship: How social media are changing the
practice of media relations. Journal of Public Relations Research, 22(3) , 241-264.
Yulianita, N. (2001). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Lab-Multimedia Fikom
Unisb.
Yulianti. (2008). Public Relations Perpustakaan. Mengapa Tidak. Bandung: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Zulfah, M. A. (2018). Revitalisasi Perpustakaan Desa. Dinamika, 3(2), 43-
74 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY