Industri Religi Pada Media Online

Penerapan Teori Ekonomi Politik Vincent Moscow (Komodifikasi) Pada Pemberitaan Umroh di Tribunnews.com

Authors

  • Ary Anggraeni Universitas Paramadina
  • Eka Wenats Wuryanta Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.21009/Communications.2.2.4

Keywords:

Berita, Media online, Umrah, Komodifikasi

Abstract

Dunia pers memasuki era baru, hal ini ditandai dengan berkembangkan media online. Dengan sifatnya yang papperless media online lebih hemat dalam pengoperasiannya. Penelitian ini mengulas tentang fakta banyaknya berita-berita tentang ibadah umrah hampir setiap hari di berbagai media online, tanpa memberikan penjelasan tentang masalah yang hampir selalu menyertai pada saat pelaksanaan ibadah umrah. Dilihat dari sudut pandang ekonomi politik, pemberitaan umrah merupakan komoditas yang menguntungkan bagi pemilik media. Oleh karena itu, berita-berita tentang umrah terus dieksploitasi guna meningkatkan rating berita media online tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Ekonomi Politik Media dari Vincent Moscow (2009), dengan mengambil salah satu entry concept nya yaitu komodifikasi. Dengan pendekatan kritis, penulis mencoba meneliti komodifikasi pemberitaan umrah pada media online Tribunnews.com. Disimpulkan bahwa komodifikasi berita umrah di media online Tribunnews.com merupakan bagian dari komodifikasi Islam. Komodifikasi dilakukan dengan membuat banyak liputan yang berisi informasi tentang umrah. Komodifikasi juga terkait dengan banyaknya khaalayak pembaca Tribunnews.com yang jumlahnya banyak sehingga menarik pengiklan untuk beriklan di Tribunnews.com.

References

Azra, Azyumardi. (2008). Komodifikasi Islam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Barker, Chris. (2009). Cultural Studies, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Darminto, Riski Purwo. (2017). Fungsi Media Online dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Pesan Dakwah Kepada Publik (Studi Media Online di Lampung) [Skripsi]. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Greg, Fealy, dkk. (2008). Expressing Islam: Religious Life and Politics in Indonesia. Singapore: ISEAS Publishing.

Heryanto, Gun Gun. (2010). Komunikasi Politik di era Industri Citra. Jakarta: PT. Lasswell Visitama.

Ibrahim, Idi Subandy, dkk. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kurnia, Septiawan Santana. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Littlejohn, Stephen W., dkk. (2011). Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Maghfirah, Susilani Ani. (2017). Mendaur Ulang Identitas Kemusliman Melalui Umrah [Tesis]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa (Mass Communication). Jakarta: Salemba Humanika.

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication 2nd ed. London: Sage Publications.

Nasrullah, Rulli. (2012). Komunikasi Antarbudaya di Era Budaya Siber. Jakarta: Kencana.

Nata, Abuddin. (2001). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ready, Algu. (2016). Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fisip. 3(1): 1-16.

Romli, Asep Syamsul M. (2014). Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Rozaki, Abdur. (2013). Komodifikasi Islam (Kesalehan dan Pergulatan Identitas di Ruang Publik). Jurnal Dakwah. 14(2): 199-212.

Ruslan, Rosady. (2010). Metode Penelitian: Public Relation dan Komunikasi, cet. 5. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ruqoyah, Siti, dkk. (2019). Jemaah Umrah Asal Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia. [Online] Tersedia di: https://www.msn.com/id-id/berita/dunia/jemaah-umrah-asal-indonesiaterbanyak-kedua-di-dunia/ar-BBTjFlu Diakses 9 Desember 2019.

Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi Politik Media Penyiaran. Yogyakarta: LkiS.

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Anggraeni, A., & Wuryanta, E. W. . (2020). Industri Religi Pada Media Online: Penerapan Teori Ekonomi Politik Vincent Moscow (Komodifikasi) Pada Pemberitaan Umroh di Tribunnews.com. Communications, 2(2), 61–73. https://doi.org/10.21009/Communications.2.2.4