PRIVACY CONCERN DAN KASUS PENIPUAN BERKEDOK KONTEN
STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL TERHADAP PENGGUNA FITUR “ADD YOURS” PADA STORY INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.21009/communications.4.1.2Keywords:
Etnografi Virtual, Privacy Concern, Addyours, Motif, Identitas diriAbstract
Belakangan ini banyak fenomena baru muncul di media sosial terutama dalam keikutsertaan penggunanya pada tren viral yang ada di berbagai platform. Termasuk yang sedang banyak diperbincangkan yaitu fitur addyours di Instagram Story, berbasis User Generated Content seharunya dapat berdampak positif pada jangkauan engagement lebih luas pada Instagram, namun kenyataannya di Indonesia fitur ini disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga berujung pada isu penipuan dengan penyalahgunaan identitas pribadi. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk menganalisis fenomena tren addyours pada Instagram story kaitannya dengan privacy concern pada pengguna media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi etnografi virtual. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram yang melakukan aktivitas posting konten berdasarkan challenges yang ada pada fitur addyours di Instagram Story. Hasil penelitian menunjukan beberapa motif dalam penggunaan fitur ini diantaranya motif hiburan, motif integrative sosial, motif identitas pribadi, dan motif informasi. Serta penggolongan privasi berfokus pada 2 aspek terkait identitas pribadi yaitu Privacy of data about a person dan Privacy of a person’s persona.
References
Ardianto, Elvinaro dan Q-Anees, Bambang. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi.
Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Aptika.kominfo.go.id. 2019. Pahami Kebijakan Privasi di Media Sosial untuk Lindungi Data Pribadi. Diakses pada 30 Desember 2021 dari https://aptika.kominfo.go.id/2019/05/pahami-kebijakan-privasi-di-media-sosial-u untuk-lindungi-data-pribadi/
Aryyaguna, A. D. 2017. Tinjauan Kriminologis Terhadap Kejahatan Penipuan Berbasis Online. Tidak Dipublikasikan). Universitas Hasanuddin.
Endah, T., Dimas, A., & Akmal, N. 2017. Kajian dampak penggunaan media sosial bagi anak dan remaja (Vol. 1, No. 1). Puskakom UI.
Katadata.co.id. 2021. Milenial Paling Intens Akses Internet untuk Media Sosial. Diakses pada 30 Desember 2021 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/03/milenial-paling-intens-aks es-internet-untuk-media-sosial
Katadata.co.id. 2020. Daftar Kejahatan Siber yang Paling Banyak Dilaporkan ke Polisi. Diakses pada 30 Desember 2021 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/08/daftar-kejahatan-siber-yan g-paling-banyak-dilaporkan-ke-polisi
Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta:
Kencana
Nurudin dalam Rohmah, N. N. M. 2020. Media Sosial sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses and Gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16.
Gorodnichenko, Y., & Roland, G. 2015. Culture, institutions and democratization (No. w21117). National Bureau of Economic Research.
Prajarto, N. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram@ lambe_turah.
Pratama, G. Y., & Suradi, A. 2016. Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Pengguna Jasa Transportasi Online Dari Tindakan Penyalahgunaan Pihak Penyedia Jasa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Diponegoro Law Journal, 5(3), 1-19.
Raharjo, N. P., & Winarko, B. 2021. Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(1), 33-43.
Rakhmat, Jalaluddin. 2021. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohmah, N. N. M. 2020. Media Sosial sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses and Gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16.
Roland, G. 2015. Are there cultural obstacles to democratisation. Diakses pada 30 Desember 2021 dari https://www.weforum.org/agenda/2015/05/are-there-cultural-obstacles-to-democr atisation/
Rusmana, A. 2015. Penipuan dalam interaksi melalui media sosial (kasus peristiwa penipuan melalui media sosial dalam masyarakat berjejaring). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 187-194.
Simarmata, J., Sihotang, J. I., Karim, A., Purba, R. A., Hazriani, H., Koibur, M. E., ... & Jamaludin, J. 2021. Literasi Digital. Yayasan Kita Menulis.
Sunarso, Siswanto. 2009. Hukum Informasi dan Transaksi Elektronik: Studi
Kasus PritaMulyasari. Jakarta: Rineka Cipta.
Taylor, DG.; Lewin, JE.; Strutton; D. 2011. Friends, fans, and followers: do ads work on social networks? Journal of Advertising Research Vol. 51(1): hal. 258– 275
We Are Social. 2021. Digital 2021: Indonesia. Diakses pada 30 Desember 2021 dari https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY