KOMUNIKASI DESAIN VISUAL MELALUI MATERI CETAK YANG EFEKTIF BAGI WISATAWAN DALAM DAN LUAR NEGERI PADA MUSEUM SAINS

Authors

  • Chrisdina Chrisdina Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Achmad Sultani LSPR

DOI:

https://doi.org/10.21009/communications.4.2.7

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan tentunya dapat dilakukan baik dengan berbagai cara. Salah satu pembelajaran yang menarik adalah dengan mengunjungi berbagai macam museum yang menampilkan sebuah cerita dengan menarik. Berkunjung ke museum juga menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan asing ketika berkunjung ke sebuah negara. Informasi yang jelas dan mudah dipahami tentunya menjadi sebuah kenyamanan tersendiri. Museum sain Planetarium Jakarta juga menjadi sebuah tujuan bagi para wisatawan baik asing maupun domestic. Pengemasan informasi mengenai tata surya dikemas apik dan menarik dengan teknologi yang mendukung. Hal yang menarik adalah jumlah pengunjung masih berada dibawah harapan, terutama bagi wisatawan asing. Peneliti melihat musem belum memaksimalkan fungsi desain komunikasi visual yang mampu memudahkan sebuah proses komunikasi. Melalui Model Perencanaan  dari Berlo yang melihat bahwa sebuah tujuan komunikasi pada prosesnya akan melewati tahapan sumber, pesan, media, dan penerima.  Berdasarkan observasi peneliti melihat bahwa perlu dibuat perencanaan yang baik sehingga wisatawan dapat membuat sebuah keputusan berdasarkan materi promosi yang ada. Menggunakan metodologi kualitatif dengan data wawancara dan observasi maka peneliti menemukan bahwa museum perlu memperbarui materi komunikasi yang telah ada. Katalog, signage, materi presentasi, dan merchandise menjadi sebuah alat komunikasi yang efektif dalam membantu wisatawan berpikir sehingga mendapatkan sebuah keputusan akhir. Pengelola juga harus menitik beratkan pada tujuan serta pesan apa yang ingin disampaikan, sehingga materi komunikasi dapat dirancang dengan sesuai.

References

Andrijanto, M. (2018). Perancangan Alternatif Sign System sebagai Informasi Lokasi Penjualan Di Pasar Legi Kota Gede. Jurnal Desain, 5(3), 223-234.
Belch, G., & Belch, M. (2004). Advertising and Promotion: An integrated marketing communications perspective. New York: The McGraw−Hill.
Berlo, D. K. (1960). The process of communication: an introduction to theory and practice. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Bermana, A. L., Minawati, R., & Heldi, H. (2014). Desain Komunikasi Visual sebagai Media Promosi Pariwisata. Bercadik, 2(2), 1-14.
BPS Provinsi DKI Jakarta. (2016). Jakarta Dalam Angka. Jakarta: BPS Provinsi DKI Jakarta.
Budiansya, A., & Rukiah, Y. (2018). Perancangan Media Promosi Digital Museum Tembakau Jember. Visual Heritage, 1(1), 8-15.
Calori, C., & Vanden-Eynden, D. (2015). Signage and wayfinding design: a complete guide to creating environmental graphic design system. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.
Hardiansyah, S. (2019). Komunikasi Community Public. Preprints, 1-13.
Harijadi, P. S., Karnadi, H., & Renaningtyas, L. (2015). Perancangan Komunikasi Visual Objek Wisata Alam Banyuwangi. DKV Adiwarna, 1(6).
Hidayat, H., Qeis, M. I., & Winarni, R. W. (2018). Perancangan Infografis Museum Tokoh Pahlawan di Jakarta Sebagai Museum Arkeologi dan Sejarah. Jurnal Desain, 6(1), 69-76.
Kotler, N. (2001). New ways of experiencing culture: The role of museums and marketing implications. Museum Management and Curatorship, 19(4), 417-425.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14 ed.). New Jersey: Pearson Education, inc.
Luo, J. M., & Ye, B. H. (2020). Role of generativity on touristsâ experience expectation, motivation and visit intention in museums. Journal of Hospitality and Tourism Management, 120-126.
Ma'arif, N. N. (2008). THE POWER OF MARKETING: Practitioner perspective in Asia. Jakarta: Salemba Empat.
Maulani, G., Janah, S. N., & Mahbubi, A. Y. (2017). Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Sisfotenika, 7(1), 61-73.
Meilinda, A., Hairunnisa, & Sary, K. A. (2018). Analisis Unique Selling Proposition Pada Kegiatan Promosi Rumah Makan Geprek Express. Ilmu Komunikasi, 6(2), 28-42.
Rustan, S. (2009). Layout, Desain dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. (2011). Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Safanayong, Y. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu (2nd edition ed.). Jakarta: Arte Intermedia.
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana “Elemen-Elemen Seni Rupa dan Desain". Yogyakarta: Jalasutra.
Satrio, P. U. (2019). Perancangan Katalog Wisata Kota Surabaya Sebagai Media Informasi Massa. Gestalt, 1(1), 95-102.
Shimp, T. (2009). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Chrisdina, C., & Sultani, A. (2022). KOMUNIKASI DESAIN VISUAL MELALUI MATERI CETAK YANG EFEKTIF BAGI WISATAWAN DALAM DAN LUAR NEGERI PADA MUSEUM SAINS . Communications, 4(2), 222–243. https://doi.org/10.21009/communications.4.2.7