KOMUNIKASI DESAIN VISUAL MELALUI MATERI CETAK YANG EFEKTIF BAGI WISATAWAN DALAM DAN LUAR NEGERI PADA MUSEUM SAINS
DOI:
https://doi.org/10.21009/communications.4.2.7Abstract
Pembelajaran yang menyenangkan tentunya dapat dilakukan baik dengan berbagai cara. Salah satu pembelajaran yang menarik adalah dengan mengunjungi berbagai macam museum yang menampilkan sebuah cerita dengan menarik. Berkunjung ke museum juga menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan asing ketika berkunjung ke sebuah negara. Informasi yang jelas dan mudah dipahami tentunya menjadi sebuah kenyamanan tersendiri. Museum sain Planetarium Jakarta juga menjadi sebuah tujuan bagi para wisatawan baik asing maupun domestic. Pengemasan informasi mengenai tata surya dikemas apik dan menarik dengan teknologi yang mendukung. Hal yang menarik adalah jumlah pengunjung masih berada dibawah harapan, terutama bagi wisatawan asing. Peneliti melihat musem belum memaksimalkan fungsi desain komunikasi visual yang mampu memudahkan sebuah proses komunikasi. Melalui Model Perencanaan dari Berlo yang melihat bahwa sebuah tujuan komunikasi pada prosesnya akan melewati tahapan sumber, pesan, media, dan penerima. Berdasarkan observasi peneliti melihat bahwa perlu dibuat perencanaan yang baik sehingga wisatawan dapat membuat sebuah keputusan berdasarkan materi promosi yang ada. Menggunakan metodologi kualitatif dengan data wawancara dan observasi maka peneliti menemukan bahwa museum perlu memperbarui materi komunikasi yang telah ada. Katalog, signage, materi presentasi, dan merchandise menjadi sebuah alat komunikasi yang efektif dalam membantu wisatawan berpikir sehingga mendapatkan sebuah keputusan akhir. Pengelola juga harus menitik beratkan pada tujuan serta pesan apa yang ingin disampaikan, sehingga materi komunikasi dapat dirancang dengan sesuai.
References
Belch, G., & Belch, M. (2004). Advertising and Promotion: An integrated marketing communications perspective. New York: The McGraw−Hill.
Berlo, D. K. (1960). The process of communication: an introduction to theory and practice. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Bermana, A. L., Minawati, R., & Heldi, H. (2014). Desain Komunikasi Visual sebagai Media Promosi Pariwisata. Bercadik, 2(2), 1-14.
BPS Provinsi DKI Jakarta. (2016). Jakarta Dalam Angka. Jakarta: BPS Provinsi DKI Jakarta.
Budiansya, A., & Rukiah, Y. (2018). Perancangan Media Promosi Digital Museum Tembakau Jember. Visual Heritage, 1(1), 8-15.
Calori, C., & Vanden-Eynden, D. (2015). Signage and wayfinding design: a complete guide to creating environmental graphic design system. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.
Hardiansyah, S. (2019). Komunikasi Community Public. Preprints, 1-13.
Harijadi, P. S., Karnadi, H., & Renaningtyas, L. (2015). Perancangan Komunikasi Visual Objek Wisata Alam Banyuwangi. DKV Adiwarna, 1(6).
Hidayat, H., Qeis, M. I., & Winarni, R. W. (2018). Perancangan Infografis Museum Tokoh Pahlawan di Jakarta Sebagai Museum Arkeologi dan Sejarah. Jurnal Desain, 6(1), 69-76.
Kotler, N. (2001). New ways of experiencing culture: The role of museums and marketing implications. Museum Management and Curatorship, 19(4), 417-425.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14 ed.). New Jersey: Pearson Education, inc.
Luo, J. M., & Ye, B. H. (2020). Role of generativity on touristsâ experience expectation, motivation and visit intention in museums. Journal of Hospitality and Tourism Management, 120-126.
Ma'arif, N. N. (2008). THE POWER OF MARKETING: Practitioner perspective in Asia. Jakarta: Salemba Empat.
Maulani, G., Janah, S. N., & Mahbubi, A. Y. (2017). Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Sisfotenika, 7(1), 61-73.
Meilinda, A., Hairunnisa, & Sary, K. A. (2018). Analisis Unique Selling Proposition Pada Kegiatan Promosi Rumah Makan Geprek Express. Ilmu Komunikasi, 6(2), 28-42.
Rustan, S. (2009). Layout, Desain dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. (2011). Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Safanayong, Y. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu (2nd edition ed.). Jakarta: Arte Intermedia.
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana “Elemen-Elemen Seni Rupa dan Desain". Yogyakarta: Jalasutra.
Satrio, P. U. (2019). Perancangan Katalog Wisata Kota Surabaya Sebagai Media Informasi Massa. Gestalt, 1(1), 95-102.
Shimp, T. (2009). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY