PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @HANAN_ATTAKI SEBAGAI MEDIA DAKWAH

Authors

  • Yolanda Stellarosa Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR https://orcid.org/0000-0001-9502-2330
  • Dea Ajeng Utari Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Muhammad Yefa Zaki Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

DOI:

https://doi.org/10.21009/communications.4.2.2

Keywords:

Dakwah, Instagram, Kegiatan Keagamaan, Media Sosial, Persuasi

Abstract

Instagram saat ini tidak hanya sebagai media membagikan foto dan video untuk pertemanan tetapi juga digunakan untuk kegiatan bisnis seperti promosi ataupun digunakan juga untuk kegiatan keagamaan seperti berdakwah. Instagram dapat dikatakan menjadi medium untuk menjangkau masyarakat yang luas dan membangun trend baru dalam kegiatan berdakwah. Hal ini dilakukan melalui akun Instagram @hanan_attaki  yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berdakwah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan akun Instagram @hanan_attaki yang dimiliki oleh Ustadz Hanan Attaki sebagai media dakwah; dengan teori persuasi dan didukung oleh konsep dakwah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan narasumber tim Ustadz Hanan Attaki dan empat followers akun instagram @hanan_attaki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @hanan_attaki dibuat untuk mengimbangi konten negatif yang ada di Instagram. Akun @hanan_attaki berdakwah mengenai pandangan baru tentang Islam dan lebih mengenal Allah SWT, menebar pesan Islam tersebut lewat trend melalui program-progam  yang dibentuk oleh UHA dan Tim, serta memanfaatkan fitur-fitur yang ada seperti foto, video, penggunaan tagar, instagram story serta IGTV.

Keywords: Dakwah, Instagram, Kegiatan Keagamaan, Media Sosial, Persuasi

Author Biography

Yolanda Stellarosa, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Yolanda Stellarosa, dosen tetap Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta. Mengampu matakuliah metodologi penelitian komunikasi, seminar proposal dan sistem komunikasi Indonesia. Menamatkan magister ilmu komunikasi pada tahun 2006 dan tahun 2016 menamatkan program Doktor Ilmu Komunikasi.  Melakukan berbagai penelitian dan publikasi ilmiah, yang berkaitan dengan media, literasi media, komunikasi interpersonal dan sebagainya. Saat ini   menjadi pengurus pusat Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) korwil Jabodetabek

References

L. Setiono, “Membangun Media Pembelajaran,” 2009.

S. Nurazizah, P. Sinaga, and A. Jauhari, “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 197 - 202, Dec. 2017.

Y. R. Denny, I. S. Utami, S. Rohanah, and D. Muliyati, “The Development of Blended Learning Model using Edmodo to Train Student Critical Thinking Skills on Impulse-Momentum Topic”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 113 - 120, Jun. 2020.

Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran,” Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, 2016.

F. C. Wibowo, E. Budi & L. A. Sanjaya, “Development of the Innovative Smart Orbital (ISO) Mediumto Improve the Cognitive Skillson the Heat Transfer Concept,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 19, no. 5, pp. 141-152, 2020.

Masnur Muslich, “Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks,” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

A. H. Qudwatunna, “Perancangan Ilustrasi Untuk Buku Ensiklopedia Tentang Gunung Meletus,” Disain Komunikasi Visual, 2019.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, “Pedoman Penilaian Buku Nonteks Pembelajaran,” Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

Bitter, Gary, and Allen Corral, “The Pedagogical Potential Of Augmented Reality Apps,” in International Journal of Engineering Science Invention, vol. 3, no. 10, pp. 13–17, 2014.

D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.

R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” (Presence: Teleoperators and Virtual Environments), pp. 1-3, 1997.

Su Cai, “Applications Of Augmented Reality-Based Natural Interactive Learning In Magnetic Field Instruction,” pp. 778-791, 2017.

F. Bakri, Dadan Sumardani and Dewi Muliyati, “Integrating augmented reality into worksheets: Unveil learning to support higher-order thinking skills,” in AIP Conference Proceedings,” vol. 2169, no. 1, AIP Publishing LLC, 2019.

F. Bakri, Ervina Ervina and Dewi Muliyati, “Practice the higher-order thinking skills in optic topic through physics worksheet equipped with augmented reality,” In AIP Conference Proceedings,” vol. 2169, no. 1, AIP Publishing LLC, 2019.

F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.

H. Hermansyah, Gunawan and Herayanti, “Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang,” in Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 97-102, 2015.

B. Irawan, “Framework Literasi Kelautan Sebagai Acuan Pembelajaran Sains di Negara Maritim,” in Pedagogi Hayati, vol. 2, no. 1, pp. 14-23, 2018.

C. Cudaback, “Ocean Literacy, There’s More To It Than Content,” in Oceanography Journal, 21st ed, pp. 10–11, 2008.

J. Suhonen, M. R. de Villiers & E. Sutinen, “FODEM: A Multi-Threaded Research and Development Method for Educational Technology,” in Educational Technology Research and Development, vol. 60, no. 2, pp. 287-305, 2012.

G. D. Putra, A. Samsudin & D. Saepuzaman, “Computer Simulation-Assisted Conceptual Change Text (CS-CCT): A FODEM Study On Fluid Dynamics,” in Journal of Physics: Conference Series, vol. 1280, no. 5, p. 052045, IOP Publishing, 2019.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Stellarosa, Y., Utari, D. A., & Zaki, M. Y. (2022). PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @HANAN_ATTAKI SEBAGAI MEDIA DAKWAH . Communications, 4(2), 135–154. https://doi.org/10.21009/communications.4.2.2