PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @HANAN_ATTAKI SEBAGAI MEDIA DAKWAH
DOI:
https://doi.org/10.21009/communications.4.2.2Keywords:
Dakwah, Instagram, Kegiatan Keagamaan, Media Sosial, PersuasiAbstract
Instagram saat ini tidak hanya sebagai media membagikan foto dan video untuk pertemanan tetapi juga digunakan untuk kegiatan bisnis seperti promosi ataupun digunakan juga untuk kegiatan keagamaan seperti berdakwah. Instagram dapat dikatakan menjadi medium untuk menjangkau masyarakat yang luas dan membangun trend baru dalam kegiatan berdakwah. Hal ini dilakukan melalui akun Instagram @hanan_attaki yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berdakwah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan akun Instagram @hanan_attaki yang dimiliki oleh Ustadz Hanan Attaki sebagai media dakwah; dengan teori persuasi dan didukung oleh konsep dakwah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan narasumber tim Ustadz Hanan Attaki dan empat followers akun instagram @hanan_attaki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @hanan_attaki dibuat untuk mengimbangi konten negatif yang ada di Instagram. Akun @hanan_attaki berdakwah mengenai pandangan baru tentang Islam dan lebih mengenal Allah SWT, menebar pesan Islam tersebut lewat trend melalui program-progam yang dibentuk oleh UHA dan Tim, serta memanfaatkan fitur-fitur yang ada seperti foto, video, penggunaan tagar, instagram story serta IGTV.
Keywords: Dakwah, Instagram, Kegiatan Keagamaan, Media Sosial, Persuasi
References
L. Setiono, “Membangun Media Pembelajaran,” 2009.
S. Nurazizah, P. Sinaga, and A. Jauhari, “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 197 - 202, Dec. 2017.
Y. R. Denny, I. S. Utami, S. Rohanah, and D. Muliyati, “The Development of Blended Learning Model using Edmodo to Train Student Critical Thinking Skills on Impulse-Momentum Topic”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 113 - 120, Jun. 2020.
Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran,” Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, 2016.
F. C. Wibowo, E. Budi & L. A. Sanjaya, “Development of the Innovative Smart Orbital (ISO) Mediumto Improve the Cognitive Skillson the Heat Transfer Concept,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 19, no. 5, pp. 141-152, 2020.
Masnur Muslich, “Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks,” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
A. H. Qudwatunna, “Perancangan Ilustrasi Untuk Buku Ensiklopedia Tentang Gunung Meletus,” Disain Komunikasi Visual, 2019.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, “Pedoman Penilaian Buku Nonteks Pembelajaran,” Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
Bitter, Gary, and Allen Corral, “The Pedagogical Potential Of Augmented Reality Apps,” in International Journal of Engineering Science Invention, vol. 3, no. 10, pp. 13–17, 2014.
D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.
R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” (Presence: Teleoperators and Virtual Environments), pp. 1-3, 1997.
Su Cai, “Applications Of Augmented Reality-Based Natural Interactive Learning In Magnetic Field Instruction,” pp. 778-791, 2017.
F. Bakri, Dadan Sumardani and Dewi Muliyati, “Integrating augmented reality into worksheets: Unveil learning to support higher-order thinking skills,” in AIP Conference Proceedings,” vol. 2169, no. 1, AIP Publishing LLC, 2019.
F. Bakri, Ervina Ervina and Dewi Muliyati, “Practice the higher-order thinking skills in optic topic through physics worksheet equipped with augmented reality,” In AIP Conference Proceedings,” vol. 2169, no. 1, AIP Publishing LLC, 2019.
F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.
H. Hermansyah, Gunawan and Herayanti, “Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang,” in Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 97-102, 2015.
B. Irawan, “Framework Literasi Kelautan Sebagai Acuan Pembelajaran Sains di Negara Maritim,” in Pedagogi Hayati, vol. 2, no. 1, pp. 14-23, 2018.
C. Cudaback, “Ocean Literacy, There’s More To It Than Content,” in Oceanography Journal, 21st ed, pp. 10–11, 2008.
J. Suhonen, M. R. de Villiers & E. Sutinen, “FODEM: A Multi-Threaded Research and Development Method for Educational Technology,” in Educational Technology Research and Development, vol. 60, no. 2, pp. 287-305, 2012.
G. D. Putra, A. Samsudin & D. Saepuzaman, “Computer Simulation-Assisted Conceptual Change Text (CS-CCT): A FODEM Study On Fluid Dynamics,” in Journal of Physics: Conference Series, vol. 1280, no. 5, p. 052045, IOP Publishing, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY