Efektivitas Demand Creation & Product Placement Kopiko Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Penikmat Drama Korea Vincenzo Di Semarang
DOI:
https://doi.org/10.21009/communications.5.2.1Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Demand Creation, Product Placement, Drama KoreaAbstract
Di dalam dunia ekonomi dan bisnis, pemasaran menjadi aspek penting yang digunakan untuk meningkatkan penjualan. Penjualan dapat meningkat ketika konsumen telah mengenal, mengetahui dan mengingat suatu merek atau produk (brand awareness). Salah satu yang digunakan untuk menciptakan brand awareness adalah dengan demand creation (penciptaan permintaan dan kebutuhan dengan media promosi) dan product placement (teknik pemasaran dengan cara menempatkan produk pada suatu tayangan hiburan (film atau drama) tanpa mengganggu jalanya cerita dan tanpa memperlihatkan unsur promosi secara nyata). PT Mayora Indah, Tbk dengan produknya permen Kopiko menerapkan teknik demand creation dan product placement pada tayangan Drama Korea “Vincenzo”. Penerapan model pemasaran ini terbilang baru dan berani untuk ukuran produk lokal. Selain itu, pemasaran ini digunakan untuk memperkuat penjualan dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tingkat efektivitas demand creation dan product placement terhadap brand awareness permen Kopiko pada penikmat Drama Korea “Vincenzo” di Semarang. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dan pendekatan kuantitatif yang menerapkan metode survei pada 100 responden yang merupakan penonton Drama Korea “Vincenzo” di Semarang dengan teknik penarikan data non probability sampling, yakni purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa demand creation dan product placement yang dilakukan PT Mayora Indah, Tbk pada produknya permen Kopiko memberi kontribusi sebesar 40,2% terhadap peningkatan brand awareness penonton Drama Korea “Vincenzo” di Semarang dan 59,8% lainnya dipengaruhi faktor-faktor selain variabel pada penelitian ini. Dapat pula disimpulkan bahwa demand creation dan product placement terbukti dapat membantu meningkatkan brand awareness permen Kopiko pada penonton Drama Korea “Vincenzo” di Semarang.
References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. 4, 39–50.
Belch, G. ., & Belch, M. (2007). Advertising and Promotion an Integrated Marketing Comunication Perspective. International Edition. McGraw Hill/Irwin.
Iqlima, C. R., & Saraswati, T. G. (2022). Pengaruh Product Placement Permen Kopiko Dalam Serial Drama Korea Vincenzo Terhadap Minat Beli Konsumen Influence Of Kopiko Candy Product Placement In Vincenzo Korean Drama Series On Consumers Purchase Intention. 9(4), 2286–2298.
Izza. (2022). DEMAND GENERATION DAN PENERAPANNYA MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING. https://bigevo.com/blog/detail/demand-generation
Kotler, P. dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13.
Kotler, P. dan K. L. K. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Penerbi tErlangga.
Kusnadar, V. B. (2021). Jumlah Penduduk Kota Semarang 1,65 Juta Jiwa pada 2020. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/06/jumlah-penduduk-kota-semarang-165-juta-jiwa-pada-2020#:~:text=Hasil Sensus Penduduk (SP) 2020,(50%2C5%25) perempuan.
Nasrudin, A. (2020). Penciptaan permintaan. Cerdasco. https://cerdasco.com/penciptaan-permintaan/
Nisa. (2021). Mengoptimalkan Demand Generation untuk Meningkatkan Penjualan. Inmarketing. https://inmarketing.id/demand-generation-adalah.html
Roscoe. (1982). Research Methods For Business. Mc Graw Hill.
Schwartz, W. (2020). “Crash Landing on You” Boosts Barbecue Chicken Sales. Hancinema.Net. https://www.hancinema.net/hancinema-s-news-crash-landing-on-you-boosts-barbecue-chicken-sales-138450.html
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Tim PT Mayora Indah, T. (2018). Kopiko, Lebih Dari Sekedar Permen Kopi. Mayoraindah.Co.Id. https://www.mayoraindah.co.id/berita/Kopiko-Lebih-Dari-Sekedar-Permen-Kopi-17
Widayanti, O. W. (2019). PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS “ MIE SEDAAP CUP ” FILM “ CINTA BRONTOSAURUS ” DI KALANGAN. 3.
Williams, K., Petrosky, A., Hernandez, E., & Page, R. J. (2011). Product placement effectiveness. Journal of Management and Marketing Reasearch, 7.
Wulandari, K. A., & Placement, E. P. (n.d.). Krisna Ayu Wulandari : Efektivitas Product Placement …. 18(02), 127–140.
Yulistara, A. (2018). 60% Orang Indonesia Pilih Beli Produk Asing Ketimbang Lokal. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180326194751-33-8635/60-orang-indonesia-pilih-beli-produk-asing-ketimbang-lokal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY