Strategi Digital Branding dalam Konten Facebook Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.09Keywords:
BPS; branding; FacebookAbstract
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan perstatistikan di Jawa Barat. Namun demikian, nama instansi BPS Provinsi Jawa Barat kurang dikenal oleh masyarakat. Akibatnya, masih dijumpai sebagian masyarakat yang menolak didata oleh petugas sensus/survei dari BPS Provinsi Jawa Barat. Hal ini berdampak pada rendahnya response rate kegiatan sensus/survei tersebut dan kualitas data statistik yang dihasilkan. Untuk itu, BPS Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai upaya agar masyarakat Jawa Barat lebih mengenal instansi BPS Provinsi Jawa Barat. Salah satunya adalah dengan melakukan strategi digital branding di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi digital branding yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi terhadap Tim Humas BPS Provinsi Jawa Barat. Dari hasil penelitian terungkap bahwa BPS Provinsi Jawa Barat melakukan strategi digital branding melalui platform media sosial Facebook. Platform tersebut dipilih karena Facebook lebih fleksibel untuk konten dengan format yang beragam seperti teks, gambar, video, maupun tautan website. Sedangkan dari sisi konten, BPS Provinsi Jawa Barat membuat kategori konten yang terdiri dari konten rilis data statistik menggunakan infografik, konten edukasi, kuis interaktif, kegiatan kedinasan, dan informasi lainnya. Strategi ini dapat dikembangkan lagi dengan berkolaborasi dengan instansi pemerintah lainnya agar BPS Provinsi Jawa Barat dapat dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat Jawa Barat.
References
Annur, C. M. (2022, November 7). Makin Populer, Jumlah Pengguna Facebook Hampir 3 Miliar Orang pada Kuartal III 2022. Diakses Pada 12 Mei 2023 Melalui Tautan: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/11/07/Makin-Populer-Jumlah-Pengguna-Facebook-Hampir-3-Miliar-Orang-Pada-Kuartal-Iii-2022.
Bäck, L., Ingman, E., Lalwani, D., Müller, M., Sørensen-Behm, C., & Rosenbröijer, C.-J. (2018). Digital Brand Management: A Company and Consumer Perspective.
Badan Pusat Statistik. (2022). Laporan Kinerja Badan Pusat Statistik 2021. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
BPS Provinsi Jawa Barat. (2023). Laporan Kinerja BPS Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. BPS Provinsi Jawa Barat.
Ersyad, F. A., & Safira, C. (2022). Strategi Digital Branding Pariwisata 4.0 Kota Semarang Melalui Pendekatan “Brand Hexagon.” Jurnal Communicology, 10(1), 1–13.
Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial. Journal Acta Diurna, 16(2). https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.12.2.2865
Gantiano, H. E. (2019). Fenomena Facebook Sebagai Sarana Komunikasi Sosial. Dharma Duta, 15(1). https://doi.org/10.33363/dd.v15i1.163
Hidayanto, S., & Kartosapoetro, I. S. (2020). Strategi Digital Branding pada Startup Social Crowdfunding (Studi Kasus pada Kitabisa.com). Jurnal Komunikatif, 9(1), 19–33.
Hidayat, R. W. (2020). Peran Moderasi Fitur Live Chat, Online Customer Reviews, dan Online Shopping Window Display pada Pengaruh Reputasi Terhadap Keputusan Pembelian di c2c E-commerce Shopee.
Humas BPS. (2022). Hasil Uji Coba Publisitas Gladi Bersih 1 ST2023.
Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997, Pub. L. No. 16, Diakses pada 12 Mei 2023 melalui tautan: https://www.bps.go.id/website/fileMenu/fileMenu-7.pdf (1997).
Kuswanti, A., & Oktarina, S. (2019). Pemanfaatan Media Informasi di Era Digital bagi Kemandirian Ibu Rumah Tangga. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.23960/jsp.v1i1.11
Mansyur, F., & Ridho, F. (2020). Analisis Pola Permintaan Publikasi Data Badan Pusat Statistik Menggunakan Association Rule Apriori. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 7(2), 187–198.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi Dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press. Malang.
Rakhmat, J. (2014). Metode Penelitian Komunikasi: Vol. Cet. 16. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Ratri, D. (2022, June 17). Digital Branding: Pengertian dan Strategi Penerapannya pada Bisnis. Diakses Pada 13 Mei 2023 Melalui Tautan: Https://Qontak.Com/Blog/Digital-Branding/.
Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Diakses Pada 13 Mei 2023 Melalui Tautan: Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2022/.
Tungkup, E. N. L. (2021). Tantangan Dan Prospek Pemanfaatan Data Daring Dalam Mendukung Kualitas Estimasi Data PDRB. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 927–934. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.550
We Are Social. (2022). Digital 2022 Indonesia. Diakses Pada 13 Mei 2023 Melalui Tautan: Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2022-Indonesia.
Wu, Y. (2022). Research on Digital Marketing Strategies for Brands based on the Internet Context. Highlights in Business, Economics and Management, 2, 106–113. https://doi.org/10.54097/hbem.v2i.2346
Yunus, U. (2019). Digital Branding: Teori dan Praktik (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY