Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Ritel Melalui Program Sampoerna Retail Community

Authors

  • Dyah Setiowati Faculty of Social Science, State University of Jakarta
  • Wiratri Anindhita Faculty of Social Science, State University of Jakarta
  • Nada Arina Romli Faculty of Social Science, State University of Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.07

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, Kepuasan Pelanggan, Sampoerna Retail Community

Abstract

ABSTRAK

Kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi telah membawa perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih memilih berbelanja di toko ritel modern dibandingkan toko ritel tradisional. Salah satu bisnis retail yang kini mulai menunjukkan eksistensinya adalah SRC (Sampoerna Retail Community) yang hadir sebagai program pengembangan bisnis berkelanjutan bagi pemilik bisnis untuk dapat mengembangkan usahanya. One of the important factors in developing a business lies in customer satisfaction which affects the level of sales. Customer satisfaction can be increased through the implementation of marketing communications. This study aims to determine how the influence of the application of marketing communications on customer satisfaction at SRC TRI stores. With quantitative research methods and data collected through questionnaires and processed using the SPSS tool, the conclusions are: 1). Based on the validity test using the KMO test, it shows valid results from both variables. 2). Based on the reliability test with Croncbach Alpha analysis showed reliable results from both variables. 3). Based on the results of the analysis test using Simple Linear Regression to determine the influence relationship between the two variables, it can be concluded that marketing communications have an effect on customer satisfaction at SRC TRI stores.

Keywords: Customer Satisfaction; Marketing Communication; Sampoerna Retail Community

 

ABSTRAK

Kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi telah membawa perubahan gaya hidup masyarakat yang kini cenderung lebih memilih kebutuhan belanja pada toko ritel modern dibandingkan toko ritel tradisional. Salah satu bisnis ritel yang kini mulai menunjukkan eksistensinya yaitu SRC (Sampoerna Retail Community), hadir sebagai program pembinaan usaha berkelanjutan bagi para pemilik usaha untuk dapat mengembangkan usahanya. Salah satu faktor penting dalam mengembangkan usaha adalah terletak pada kepuasan pelanggan yang berpengaruh pada tingkat penjualan. Kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan melalui penerapan komunikasi pemasaran yang tidak terlepas dari elemen bauran promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada toko SRC TRI. Dengan metode penelitian kuantitatif dan data dikumpulkan melalui kuesioner serta diolah menggunakan perangkat SPSS, menghasilkan kesimpulan: 1). Berdasarkan uji Validitas menggunakan uji KMO menunjukkan hasil yang valid dari kedua variabel. 2). Berdasarkan uji Reliabilitas dengan analisis Croncbach Alphamenunjukkan hasil yang reliabel dari kedua variabel. 3). Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan Regresi Linear Sederhana untuk mengetahui kaitan pengaruh antara kedua variabel, dapat diartikan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada toko SRC TRI.

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan; Komunikasi Pemasaran; Komunitas Ritel Sampoerna

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Setiowati, D., Anindhita, W., & Romli, N. A. (2023). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Ritel Melalui Program Sampoerna Retail Community. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 98–113. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.07