Penerapan Komunikasi Empatik Pada Penanganan Krisis Studi kasus Meledaknya Depo Pertamina Plumpang
Abstract
Krisis dapat terjadi pada setiap organisasi secara tiba-tiba kapan dan dimana saja, setiap organisasi pasti pernah mengalami suatu krisis. Salah satu krisis yang pernah terjadi pada PT. Pertamina yaitu meledaknya depo Pertamina Plumpang. Meledaknya depo Pertamina Plumpang mampu menyebabkan krisis karena banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh ledakan. PT Pertamina merespon krisis tersebut dengan cepat, strategi yang diterapkan merupakan strategi pembangunan kembali (rebuild) yaitu dengan cara memberikan pernyataan bahwa Pertamina siap bertanggung jawab secarah penuh terhadap kejadian tersebut, pertamina juga menyampaikan permohonan maaf dan rasa prihatin, serta memberikan kompensasi kepada para korban. Pendekatan emosional dilakukan Pertamina untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat kembali, salah satunya dengan cara komunikasi empati, PT. Pertamina berusaha untuk memperkuat posisinya di mata stakeholder dengan melakukan permohonan maaf, kompensasi, dan juga memposisikan diri sebagai korban.
References
Aulia Nurfazrina, S., Yusuf Muslihin. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review) (Vol. 4, Nomor 2).
Aziz, A. (2021). Krisis Komunikasi Dalam Manajemen Mutu Pendidikan Islam. http://orcid.org/0000-0002-9908-9230
B., Fitriani, E., & Ardianti, T. (2019). Kontribusi Layanan Penguasaan Konten dalam Meningkatkan Sikap Empati Siswa. 6(2), 63–75.
Clark, C. M., Tan, M. L., Murfett, U. M., Rogers, P. S., & Ang, S. (2019). The Call Center Agent’s Performance Paradox: A Mixed-Methods Study of Discourse Strategies and Paradox Resolution. Academy of Management Discoveries, 5(2), 152–170. https://doi.org/10.5465/amd.2016.0024
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Dietz, J., & Kleinlogel, E. P. (2014). Wage Cuts and Managers’ Empathy: How a Positive Emotion Can Contribute to Positive Organizational Ethics in Difficult Times. Journal of Business Ethics, 119(4), 461–472. https://doi.org/10.1007/s10551-013-1836-6
Dohrenwend, A. M. (2018). Defining empathy to better teach, measure, and understand its impact. Dalam Academic Medicine (Vol. 93, Nomor 12, hlm. 1754–1756). Lippincott Williams and Wilkins. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000002427
Hasan, S. (2015). Strategi Rumah Sakit Dalam Menghadapi Krisis Public Relations Menurut Perspektif Fiqh Muamalat. www.wikipedia.org/wiki/rumah_sakit,
Im, W. J., Youk, S., & Park, H. S. (2021). Apologies combined with other crisis response strategies: Do the fulfillment of individuals’ needs to be heard and the timing of response message affect apology appropriateness? Public Relations Review, 47(1). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.102002
Indriyani, H. (2016). Etika Advokasi Public Relations dalam Manajemen Krisis Reputasi. JURNAL INTERAKSI, Vol 5 No 1.
Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652
Losada Díaz, J. C., Rodríguez Fernández, L., & Paniagua Rojano, F. J. (2020). Governmental communication and emotions in the covid-19 crisis in Spain. Revista Latina de Comunicacion Social, 2020(78), 23–40. https://doi.org/10.4185/RLCS-2020-1467
Nugraha, A. R., & Choerunnisa, S. (2020). Strategi Manajemen Krisis Humas Pln Uid Jabar Dalam Menangani Blackout Jaringan Jawa Bagian Tengah. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 137–150. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1136
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Volume. 3 No. 1
Nur Fitri, A., Fitri. Karim, A., & Rachmawati, F. (2020). Strategi Komunikasi Krisis Maskapai Penerbangan di Indonesia (Studi Analisis Komunikasi Krisis Adam Air, Air Asia dan Sriwijaya Air dalam Menghadapi Krisis Kecelakaan Pesawat melalui Prespektif Komunikasi Islam). Jurnal IMPRESI (Vol. 1, Nomor 2).
Nurdin, M. N., & Fakhri, N. (2020). Perbedaan Empati Kognitif Dan Empati Afektif Pada Remaja Laki-Laki Dan Perempuan. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 11.
Regenbogen, C., Regenbogen, C., & Habel, U. (2015). Understanding Facial Expressions in Communication: Cross-Cultural and Multidisciplinary Perspectives (hlm. 101–117). Springer India. https://doi.org/10.1007/978-81-322-1934-7_6
Riyani Triastuti, R., & Aziz Ma, A. (2018). Peran Manajemen Krisis Sebagai Upaya Mempertahankan Citra. Dalam Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat . Vol. 2, Nomor 1.
Saxe, J. P. (2021). Teaching empathy through a stakeholder-focused engineering communications course.
Schoofs, L., & Claeys, A. S. (2021). Communicating sadness: The impact of emotional crisis communication on the organizational post-crisis reputation. Journal of Business Research, 130, 271–282. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.03.020
Schoofs, L., Claeys, A. S., De Waele, A., & Cauberghe, V. (2019). The role of empathy in crisis communication: Providing a deeper understanding of how organizational crises and crisis communication affect reputation. Public Relations Review, 45(5). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101851
Setiawan, T., Kurniawati, J., & Saputro, E. (2019). Komunikasi Krisis Di Era Digital.
Sholeha, E., & Widiyastuti, A. (2021). Membangun dan Melatih Karakter Disiplin dan Rasa Empati Pada Anak Usia Dini di TKIT YAPIDH.
Silviani, I., Febriani Pardede, I., & Cardona Sembiring, D. (2020). Komunikasi Krisis Dalam New Normal. (Vol. 9).
Wahidin dan Basiru. (2019). Pengaruh Prosocial Behavior Terhadap Empathy Pada Perawat. Dalam Jurnal Keperawatan (Vol. 5, Nomor 2).
Wibawanti Putri, A., & Noevi Rahmanto, A. (2018). Komunikasi Krisis Kementerian Pertanian Pada Kasus Penggerebekan Gudang Beras PT. Ibu (Analisis Isi Kualitatif Menggunakan Situational Crisis Communication Theory.
Yim, M. C., & Park, H. S. (2021). The Effects of Corporate Elitism and Groupthink on Organizational Empathy in Crisis Situations. Public Relations Review, 47(1). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.101985
Yulistiana, R. (2017). Manajemen Krisis Public Relations (Studi Kasus Tentang Peran Public Relations Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (Bpws) Dalam Menghadapi Resistensi Masyarakat Madura Di Kabupaten Bangkalan Terhadap Kehadiran Lembaganya). Jurnal Komunikasi, 11(1), 29. https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.2833
Yuanita, D. (2021). Peran key opinion leader dalam strategi public relations pada komunikasi krisis perusahaan. PRofesi Humas, Volume 6, No. 1
Zaiza, A. (2021). Analisis Efektivitas Komunikasi Krisis PT A: Studi Kasus Sangkaan Pengambilan Air Tanah Secara Ilegal. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 20. https://doi.org/10.37535/103001120202
Copyright (c) 2024 Ilyas Naufal Zuhdi, Fitria Ayuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY